Find Us On Social Media :

Covid Hari Ini 13 Juli 2020: Terkait Penyebab Orang Tanpa Gejala Covid-19, Ilmuwan Ungkap Partikel CacaT Virus Corona

By Tatik Ariyani, Senin, 13 Juli 2020 | 19:01 WIB

ilustrasi virus corona.

Intisari-Online.com - Berdasarkan data pemerintah hingga Senin pukul 12.00 WIB, diketahui ada 1.282 kasus baru Covid-19 di Indonesia dalam 24 jam terakhir.

Penambahan itu menyebabkan kini secara akumulasi ada 76.981 kasus Covid-19 di Indonesia, terhitung sejak kasus pertama yang diumumkan pada 2 Maret 2020.

Virus corona kemungkinan menghasilkan partikel "dummy" yang cacat, dan dapat menyebabkan beberapa orang tanpa gejala ( OTG) positif terhadap patogen.

Menurut ilmuwan China, seperti dilansir dari South China Morning Post (SCMP), Senin (13/7/2020), sekitar 20 persen dari pasien yang terinfeksi virus corona tidak menunjukkan gejala sakit.

Baca Juga: Cinta di Tengah Pandemi: Aturan Jaga Jarak dan Covid-19 Justru Membuat Pria Ini Percaya Lagi Akan Cinta, Pakar Jelaskan Mengapa Pandemi Justru Bisa Membuat Anda Temukan Jodoh dan Pernikahan yang Langgeng

Bahkan, beberapa peneliti khawatir bahwa 'silent spreaders' atau penyebar diam ini dapat menabur benih Covid-19 di seluruh dunia.

Dalam satu kasus, seorang pasien di kota Chongqing, China barat daya, dinyatakan positif selama dirawat di rumah sakit selama 45 hari tanpa ada gejala penyakit ini.

Tidak diketahui mengapa beberapa orang tidak menunjukkan gejala, tetapi penelitian baru menunjukkan kasus-kasus ini tidak perlu menjadi perhatian besar.

Partikel virus tidak beraturan

Baca Juga: 280 Gajah Mati karena Virus Misterius, Belum Kelar Pandemi Covid-19 Para Ahli Dibuat Khawatir Virus Gajah akan 'Menyeberang' ke Manusia