Find Us On Social Media :

Alih-alih Bikin Stres, Film Horor dan Bencana Ternyata Berpengaruh Baik terhadap Kemampuan Seseorang Menghadapi Pandemi Covid-19, Ini Kata Penelitian

By Khaerunisa, Selasa, 7 Juli 2020 | 15:32 WIB

 

Alih-alih Bikin Stres, Film Horor dan Bencana Ternyata Berpengaruh Baik terhadap Kemampuan Seseorang Menghadapi Pandemi Covid-19, Ini Kata Penelitian

Intisari-Online.com - Apakah Anda hobi menonton film? Film genre apa yang Anda tonton selama menghadapi Covid-19 belakangan ini?

Apakah Anda termasuk orang yang banyak menonton film horor dan bencana? Ternyata film genre tersebut mungkin mempengaruhi kapasitas Anda dalam menghadapi pandemi.

Ada dua kategori orang saat pandemi, yaitu mereka yang ingin bersandar pada kekosongan dan menonton film seperti Contagion atau Outbreak, serta mereka yang justru menghindari film dengan genre tersebut.

Sebuah studi terbaru menemukan fakta bahwa kesukaan terhadap film-film penuh kesuraman, memengaruhi kapasitas kita dalam menghadapi pandemi.

Baca Juga: Berkaitan dengan Ritual Pemanggilan Arwah, Inilah Veronica, ‘Film Paling Menakutkan’ dengan Kisah Nyata yang Jauh Lebih Menakutan

Diketahui bahwa partisipan yang menikmati film horor, menghadapi pandemi lebih baik dibanding mereka yang tidak menyukainya.

Para peneliti dari Aarhus University mengidentifikasi genre film “prepper” atau terkait bencana.

Hipotesis mereka menyatakan bahwa film-film jenis tersebut mungkin secara mental mempersiapkan penonton untuk menghadapi krisis dalam kehidupan nyata. Memungkinkan mereka untuk mempraktekkan strategi bertahan hidup.

Para peneliti menambahkan, cerita fiksi di buku dan film merupakan “hadiah dari seleksi alam” untuk membantu kita bereaksi terhadap kesulitan dunia, meski tanpa beranjak dari sofa.