Find Us On Social Media :

Makin Semena-mena di Tengah Cari Jalan Damai, China Ketahuan Bangun Ini di Lembah Galwan yang Justru Bakal Memperburuk Konfliknya dengan India

By Tatik Ariyani, Jumat, 26 Juni 2020 | 11:47 WIB

Gabar satelit terbaru tunjukkan aktifitas China di perbatasan India

Intisari-Online.com - Pada 15 Juni lalu, bentrokan antara India dan China di Lembah Galwan terjadi.

Bentrokan tersebut terjadi beberapa minggu setelah komandan militer tingkat tinggi dari kedua negara sepakat untuk "menyelesaikan secara damai situasi di wilayah perbatasan sesuai dengan berbagai perjanjian bilateral."

Melansir BBC, Kamis (25/6/2020), laporan-laporan media mengatakan tentara bentrok di bukit pada ketinggian hampir 4.300 m (14.000 kaki) di medan curam.

Beberapa tentara India jatuh ke sungai Galwan yang mengalir deras dalam suhu di bawah nol.

Baca Juga: Ketika Pesta Pernikahan Berujung Petaka, Sang Pengantin Pria Meninggal, 30 Tamu yang Hadir Positif Covid-19, dan 1 Desa di Lockdown

Setidaknya 76 tentara India dilaporkan terluka dan 20 lainnya tewas, sementara China belum merilis informasi tentang korban Tiongkok.

Pertempuran itu terjadi tanpa senjata api karena perjanjian 1996 yang melarang senjata dan bahan peledak dari daerah tersebut.

Situasi di wilayah tersebut digambarkan masih sangat tegang.

Garis Kontrol Aktual (LAC), karena perbatasan yang disengketakan antara kedua negara diketahui, dibatasi dengan buruk. Kehadiran sungai, danau, dan kepingan salju berarti garis dapat bergeser.