Find Us On Social Media :

Baru Saja Sepakat untuk Damai, China Malah Klaim Lembah Galwan Sebagai Kedaulatan Sah Mereka, India: 'Sangat Tidak Mendasar'

By Mentari DP, Kamis, 25 Juni 2020 | 08:45 WIB

Konflik antara China dan India di Lembah Galwan.

Intisari-Online.com - Pasca bentrokan yang mengakibatkan 20 tentara India tewas terbunuh di Lembah Galwan, hubungan India dan China memanas.

Kedua negara bertetangga itu pun melontarkan pernyataan keras akibat bentrokan tersebut.

Lalu seminggu pasca bentrokan, kedua negara sepakat untuk menyelesaikan perselisihan perbatasan antara kedua negara di wilayah Himalaya secara damai.

Disebutkan bahwa diplomat kedua negara telah bertemu untuk meredam ketegangan di sepanjang Garis Kontrol Aktual (LAC) di Ladakh.

Baca Juga: Bunuh Suami dan Anak Tirinya, Aulia Kesuma dan Putranya Dihukum Mati: Begini Urutan Hukuman Eksekusi Mati di Indonesia, Narapidana Harus Mati Dalam 1 Menit

Namun tak lama setelah sepakat untuk damai, Kementerian Pertahanan China menggemakan klaim Beijing atas Lembah Galwan.

"China memiliki kedaulatan atas wilayah Lembah Galwan dan pasukan perbatasan China telah berpatroli dan bertugas di wilayah ini selama bertahun-tahun," katanya seperti yang dikutip The Indian Express.

Baca Juga: Akan Bertemu China untuk Pertama Kalinya Pasca Bentrokan, India Malah Beli Puluhan Jet Tempur dan Senjata dari Rusia, Siap Perang?