Find Us On Social Media :

Terkenal Suka Memberi Utang, Ternyata China Memiliki Jumlah Utang yang Tidak Sedikit, Bahkan Ekonominya Makin Terpukul Gara-Gara Covid-19

By Afif Khoirul M, Selasa, 16 Juni 2020 | 15:28 WIB

Presiden Xi Jinping

Intisari-online.com - Selama ini kita mengenal China sebagai negara yang gemar memberikan utang kepada banyak negar di dunia.

Termasuk Indonesia, sendiri tercatat memiliki utang senilai 17,75 dollar AS atau setara Rp274 triliun dalam kurs Rp13 ribu.

Tak hanya Indonesia, beberapa negara seperti Sri Lanka, Zimbabwe, Pakistan hingga Nigeria semuanya memiliki utang dengan negeri Tirai Bambu tersebut.

Lantas sebenarnya seberapa besar keuangan China, dan apakah China juga memiliki utang luar negeri?

Baca Juga: Sama-sama Dicap Sarang Kartel Narkoba, Negara Ini Nyatakan Siap Jual Minyak ke Venezuela Jika Diminta, Tak Peduli dengan Ancaman AS

Seperti dilansir dari Daily Express per Selasa (16/6/20), dikatakan China saat ini sedang mengalami keterpurukan ekonomi akibat Covid-19.

Hal itu ternyata berimbas pada utang publik, sehingga negara menuangkannya ke dalam program infrastruktur domestik besar-besaran.

Tujuannya untuk menyeret ekonominya yang terpukul keluar dari krisis keuangan, yang dipicu oleh pandemi Covid-19.

Sementara itu, China diketahui menjadi kreditor resmi terbesar di dunia melebihi IMF Bank Dunia, menurut laporan Universitas Harvard.

Baca Juga: Ini Dia Aktivitas Lab Wuhan yang Baru Terkuak, Sebelum Bencana Covid-19 Terjadi Ternyata Laboratorium Wuhan Menerima Virus Mematikan Ini Dari Kanada