Find Us On Social Media :

Kabar Baik! Indonesia Ternyata Sudah Kembangkan Vaksin Covid-19 dan Akan Segera Menyebarkannya, Ini Orang Pertama yang Menerimanya

By Muflika Nur Fuaddah, Minggu, 14 Juni 2020 | 14:20 WIB

Ilustrasi pemberian vaksin

Intisari-Online.com - Kabar baik kembali berembus di tengah pandemi virus corona yang telah merenggut jutaan nyawa.

Belum lama ini, tersiar kabar bahwa pemerintah akan bersiap mengedarkan vaksin virus corona.

Menurut peneliti utama vaksin Covid-19 UNPAD, Prof Kusnandi Rusmil pun memperkirakan kapan vaksin corona itu bisa beredar luas dalam beberapa bulan ke depan.

Namun terlepas dari itu, rupanya ada kriteria tersendiri siapa orang pertama yang akan mendapatkan vaksin virus corona saat sudah diedarkan nantinya.

Baca Juga: 'Jangan Sampai Menghindari Corona Tapi Justru Masuk Rumah Sakit', Pemula Gowes Sepeda Harus Perhatikan Hal Ini

Pasalnya, ada beberapa golongan yang dinilai harus diutamakan untuk mendapat vaksin virus corona.

Menurut ahli bioetik dari Johns Hopkins University, Jonathan Moreno berpendapat vaksin ini seharusnya digunakan terlebih dahulu oleh anggota masyarakat yang termasuk dalam kategori rentan.

"Tidaklah sulit untuk mengetahui siapa kelompok golongan rentan ini. Umumnya adalah generasi tua dan orang-orang yang menderita penyakit diabetes atau tekanan darah tinggi," kata Profesor Jonathan, dikutip Kompas.com.

"Dan pekerja di bidang esensial (atau penting), militer, polisi, pemadam kebakaran. Barulah setelah itu orang-orang lain."

Baca Juga: Diet Air Putih Disebut-sebut Bisa Pangkas Berat Badan Hingga 30 Kg! Begini Caranya Melakukannya dan Keseimbangan Gizi yang Dibutuhkan