Find Us On Social Media :

Demi Wujudkan Ambisinya Kuasai Laut China Selatan, China Telah Siapkan Rencana ini Bertahun-tahun Lalu yang Bikin Negara Tetangga Geram

By Tatik Ariyani, Senin, 1 Juni 2020 | 13:43 WIB

Pangkalan laut China selatan

Intisari-Online.com - China mulai melancarkan rencana yang telah disusun sejak lama untuk menguasai Laut China Selatan, wilayah yang secara resmi bukan miliknya.

Hal tersebut tentu membuat negara tetangga kebakaran jenggot, sehingga konflik dengan negara tetangga yang sempat mereda pun kini mulai membara lagi.

Beijing telah membuat rencana untuk zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) di Laut China Selatan sejak 2010.

Pada tahun yang sama China mengatakan sedang mempertimbangkan pengenalan kontrol wilayah udara yang sama di atas Laut China Timur dalam suatu langkah yang banyak dikritik negara lain.

Baca Juga: Miliki Minyak dan Gas yang Tersembunyi di Bawah Gurun yang Luas, Negara Ini Mungkin Jadi Suriah Kedua, Ini Alasannya

Dilansir dari South China Morning Post, ADIZ yang diusulkan China meliputi rantai pulau Pratas, Paracel, dan Spratly di jalur air yang disengketakan.

Seorang sumber dari Tentara Pembebasan Rakyat bilang rencana untuk zona itu sama tuanya dengan rencana untuk ADIZ di Laut Cina Timur yang menurut Beijing dipertimbangkan pada 2010 dan diperkenalkan pada 2013.

Sang sumber menambahkan bahwa otoritas China sedang menunggu waktu yang tepat untuk mengumumkannya.

Meski Beijing terlihat enggan membicarakan hal ini, Kementerian Pertahanan Taiwan justru mengatakan pada 4 Mei bahwa mereka sudah mengetahui rencana China daratan ini.

Baca Juga: Suasana Haru Jelang Soekarno Wafat, Saat Anak-anak Berkumpul dan Megawati Bisikkan Syahadat, hingga Ucapan Bung Karno yang Membuat Putrinya Tak Bisa Membendung Air Mata