Find Us On Social Media :

Punya Peringkat Berdampingan, Ini Perbandingan Kekuatan Militer China dan India yang Sudah Mulai Saling Serang di Perbatasan

By Maymunah Nasution, Senin, 1 Juni 2020 | 09:37 WIB

Ilustrasi India vs China

Intisari-online.com - Perbatasan India dan China di Ladakh kembali memanas.

Kali ini melansir Business Standard, kedua negara yang berselisih itu telah membawa senjata berat ke perbatasan Ladakh.

25 hari berlalu semenjak konflik China dan India melonjak, kini tentara India dan China sudah siap siaga di perbatasan Ladakh yang mereka perebutkan.

Setelah jalur diplomatik tidak berhasil menyelesaikan masalah keduanya, kini kedua negara bersiap untuk memulai baku tembak.

Baca Juga: Amerika Berada Dalam Risiko Penularan Besar Covid-19, Ratusan Warga Tetap Berkumpul Tak Peduli Pandemi Demi Menyuarakan Keadilan Membuat Pemerintah Ketar-ketir

Pembicaraan diplomatik yang ditawarkan oleh Presiden Amerika Donald Trump sebagai penengah konflik ini juga ditolak oleh Menteri Pertahanan India Rajnath Singh.

Ratusan tentara India dan China terlibat dalam pertempuran terakhir yang terkonsentrasi di wilayah Ladakh India di seberang Tibet.

Kedua negara memiliki beberapa titik sengketa di sepanjang 3.500 km (2.175 mil) perbatasan mereka. Mereka berperang di perbatasan pada tahun 1962 dan telah terjadi pertengkaran rutin sejak itu.

Ketegangan terakhir meletus pada 9 Mei ketika puluhan tentara China dan India terluka dalam perkelahian dan saling melempar batu di negara bagian Sikkim.

Baca Juga: 'Siapkan yang Terburuk', Terungkap Rencana China Pertahankan Laut China Selatan yang Sudah 'Digodok' Selama 10 Tahun, Sekarang Libatkan Pesawat Mematikan Ini