Find Us On Social Media :

Masih Nekat ke Pasar Demi Lebaran di Tengah Pandemi Covid-19? Penelitian Terbaru Buktikan Bahwa Itu Tak Ubahnya 'Bunuh Diri', Pantas Indonesia 'Pecah' Rekor!

By Ade S, Jumat, 22 Mei 2020 | 08:42 WIB

Jalan menuju Pasar Tanah Abang

Intisari-Online.com - Pasar atau segala tempat terjadinya keramaian kini benar-benar terbukti sangat berbahaya dalam hal penyebaran virus corona.

Seperti kita ketahui, seiring dengan mulai ramainya pasar dan mal serta banyaknya pemudik, penambahan pasien positif Covid-19 pun kini memecahkan rekor nasional.

Per Kamis (21/5/2020) pukul 12.00 WIB, jumlah pasien baru mencapai 973 orang.

Nah, sebuah penelitian terbaru telah membuktikan bahwa virus corona kini bisa menyebar dengan jauh lebih mudah.

Seperti diketahui, cara penyebaran virus corona terjadi melalui tetesan air liur atau droplet yang keluar ketika orang yang terinfeksi sedang bersin, batuk, bahkan berbicara.

Tapi sepertinya ukuran jarak 2 meter tidak cukup jika merujuk pada penelitian terbaru yang dilakukan Talib Dbouk dan Dimitris Drikakis dengan Lembaga Penelitian Pertahanan dan Keamanan di Universitas Nicosia, Yunani.

Studi yang sudah dipublikasikan dalam jurnal Physics of Fluids tersebut, menunjukkan angin dapat membawa droplet terbang lebih jauh hingga 6 meter.

Melansir Healthline, Rabu (20/5/2020), penelitian dilakukan dengan menjalankan model komputer yang mensimulasikan perjalanan 1.008 tetesan air liur di udara dari orang yang sedang batuk.

Baca Juga: Alasan di Balik Ratusan Tenaga Medis yang Dipecat dari Rumah Sakit di Tengah Pandemi Corona: 'Kita Kan Lagi Perang Menghadapi Covid-19'