Find Us On Social Media :

Menegangkannya Kisah Perang Vietnam: Saat 'Tikus Terowongan' Bersenjata M1917 dan Senter Berhadapan dengan Ranjau, Geranat, Ular, dan Kalajengking

By Muflika Nur Fuaddah, Selasa, 19 Mei 2020 | 16:26 WIB

Kisah Perang Vietnam: Saat Pasukan 'Tikus Terowongan' Bersenjata M1917 Berhadapan dengan Ranjau

Intisari-Online.com - Ketika Perang Vietnam dimulai pada 1 November 1955, keterlibatan Amerika Serikat adalah urusan yang relatif rendah.

Tetapi seiring berjalanyawaktu, peningkatan tindakan AS dapat terlihat, ketika personel militernya 'menjamur' di tanah-tanah Vietnam yang secara bertahap tumbuh menjadi ribuan.

Dimulai dengan hanya di bawah seribu penasihat militer pada tahun 1959, jumlah pasukan AS di Vietnam melonjak menjadi lebih dari 180.000.

Pada 1966, AS telah terlibat dalam Perang Vietnam dan secara bebas mengerahkan pasukan tempur darat ke wilayah Vietnam.

Baca Juga: Ilmuwan Kebingungan: Berusia 700 Tahun, Pedang Abad Pertengahan Ini Ditemukan Utuh Menancap pada Batu di Dasar Sungai

Dalam upaya melumpuhkan pasukan militer Viet Cong di Saigon, militer Amerika Serikat, bekerja sama dengan Korps Angkatan Darat Australia dan Selandia Baru (ANZAC), berupaya untuk menghancurkan semua kegiatan Viet Cong di pusatnya.

Beberapa laporan intelijen menunjukkan keberadaan markas besar Viet Cong di bunker bawah tanah besar di dalam hutan Ho Bo.

Untuk menghancurkannya, maka diluncurkan Operasi Crimp.

Baca Juga: Kisah Tragis Para Petani Pribumi, Setiap 72 Jam Sekali Dibantai oleh Geng Narkoba Meksiko demi Kendalikan Pasar Narkoba