Find Us On Social Media :

Makin Serakah, China Sekarang Larang Penangkapan Ikan di Laut China Selatan, Dua Negara Ini Protes Keras

By Maymunah Nasution, Minggu, 10 Mei 2020 | 13:48 WIB

Pangkalan militer Laut China Selatan

Intisari-online.com - China semakin memperkuat posisi di Laut China Selatan.

Tentunya, hal tersebut timbulkan ketegangan.

Beijing telah melarang adanya kegiatan penangkapan ikan di wilayah perairan sengketa tersebut.

China akan melarang segala bentuk kegiatan penangkapan ikan di wilayah perairan yang telah diklaim oleh Beijing, meliputi antara lain daerah di dekat Scarborough Shoal, Kepulauan Paracel, dan Teluk Tonkin.

Baca Juga: 4 Manfaat Timun Rebus yang Jarang Diketahui, Dapat Obati Diare Lho!

Beijing telah mengklaim secara sepihak 80 persen wilayah Laut China Selatan, yang juga diperebutkan oleh negara-negara tetangga, termasuk Vietnam, Filipina, Malaysia, Brunei, dan Indonesia.

China pertama kali memberlakukan pelarangan yang sama di perairan itu pada tahun 1999, dengan alasan untuk membantu melestarikan sumber daya perikanan di salah satu daerah penangkapan ikan terbesar di dunia.

Laut China Selatan selama ini menyediakan makanan dan pekerjaan bagi jutaan orang di negara-negara sekitarnya tetapi penangkapan ikan berlebihan dan perubahan iklim mengancam keberlanjutan ekosistem di wilayah itu.

Melansir South China Morning Post (8/5/2020), pelarangan penangkapan ikan diberlakukan guna menjaga stok tangkapan ikan.

Baca Juga: Kalahkan Israel dan Korea Utara, Indonesia Masuk dalam Daftar Militer Terkuat di Dunia, Nomor 16 di Seluruh Dunia dan Nomor 1 di Asia Tenggara!