Find Us On Social Media :

Menristek Sebut Tipe Virus Corona di Indonesia Berbeda dengan 3 Jenis Umum yang Ada di Dunia, Apakah Berpengaruh pada Jenis Vaksinnya?

By Khaerunisa, Sabtu, 9 Mei 2020 | 07:00 WIB

Pandemi virus corona di Indonesia.

Intisari-Online.com - Berbagai fakta baru tentang virus corona terus bermunculan.

Pasalnya, virus yang satu ini masih terus diteliti dari berbagai aspek.

Baru-baru ini, disebut bahwa tipe virus corona yang menyebar di Indonesia berbeda dengan 3 jenis virus Covid-19 di dunia.

Hal ini disampaikan Menteri Riset dan Teknologi (Menristek)/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Bambang Brodjonegoro.

Baca Juga: Khawatir Virus Corona Bisa Menular Lewat Hubungan Intim? Ketahui Faktanya Lewat Penjelasan Para Peneliti Ini

Dilansir Kontan.co.id, Selasa (5/5/2020) dalam artikel berjudul "Menristek sebut tipe Covid-19 di Indonesia beda dengan 3 tipe lain di dunia", kesimpulan itu berdasar hasil analisis genom virus corona atau Whole Ghenome Sequencing (WGS) yang dikirim Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman ke portal GISAID.

GISAID, singkatan dari Global Initiative on Sharing ALL Influenza Data, merupakan inisiatif kerjasama antara pemerintah Jerman dengan organisasi nirlaba yang bertujuan untuk menyediakan akses terhadap berbagai informasi genetik virus-virus yang menyebabkan epidemi seperti flu. GISAID telah mengumpulkan data Covid-19 dari berbagai negara.

Sejauh ini, sebagian besar tipe Covid-19 yang ditemukan di dunia berjenis S, G, atau V.

Sementara di Indonesia, Bambang menyebut tipe Covid-19 yang menyebar di Tanah Air tidak termasuk dalam tiga tipe tersebut.