Find Us On Social Media :

Sejarah Virus Corona di Indonesia; Indonesia Akhirnya Melaporkan Dua Kasus Virus Corona pada Awalnya

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 28 April 2020 | 20:00 WIB

Sejarah virus corona di Indonesia.

Intisari-Online.com – Indonesia akhirnya melaporkan dua kasus COVID-19 pertamanya pada hari Senin, 2 Maret 2020.

Pada konferensi pers di Jakarta, Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa dua wanita berusia 31 dan 64 dari Depok terjangkit virus tersebut.

Tetapi beberapa ilmuwan percaya bahwa negara itu, yang memiliki hubungan dekat dengan China, hampir pasti memiliki "epidemi bisu" di dalam perbatasannya dan harus segera meningkatkan upaya pengawasannya.

Para ilmuwan di Institut Biologi Molekuler Eijkman memberi tahu Ilmu pengetahuan bahwa mereka telah menawarkan kepada Departemen Kesehatan Indonesia untuk membantu menguji lebih banyak orang, tetapi sejauh ini telah dilecehkan.

Baca Juga: Sering Diabaikan Karena Tidak Disadari, Ternyata 3 Hal Ini Adalah Awal Mula Seseorang Sudah Terinfeksi Virus Corona

Deteksi dua kasus pertama, bersama dengan langkah-langkah untuk mencegah penyebaran penyakit, menunjukkan keseriusan dan kemampuan Indonesia untuk menangani epidemi COVID-19, Widodo mengatakan kemarin.

"Sejak awal, kami telah serius mengikuti pedoman WHO (World Health Organization) mengenai masalah coronavirus," katanya, seperti dilansir dari sciencemag.

Tetapi para ahli epidemiologi telah lama mengatakan tidak adanya COVID-19 di negara terpadat keempat di dunia itu tidak masuk akal, mengingat banyaknya pengunjung, baik untuk pariwisata dan bisnis, dari Cina yang berdekatan.

Studi pemodelan berdasarkan jumlah pelancong dari Wuhan, yang diterbitkan oleh tim di Harvard T.H. Chan School of Public Health on bioRxiv pada 11 Februari, menyimpulkan bahwa meskipun demikian, kecil kemungkinannya bahwa Indonesia tidak memiliki kasus COVID-19 tunggal.

Baca Juga: Perawat Ini Klaim Pasien Virus Corona di Kotanya Meninggal Bukan Karena Virusnya, Tetapi Cara Penanganannya, 'Itu Seperti Film Horor'