Find Us On Social Media :

Bukan karena Ngidam Ibu yang Tak 'Keturutan', Bayi Ngeces Justru Punya Manfaat Luar Biasa

By Tatik Ariyani, Selasa, 28 April 2020 | 06:30 WIB

Manfaat bayi ngeces

Intisari-Online.com - Sering kali kita mendengar pernyataan kalau bayi ngeces itu tandanya waktu hamil ngidam ibunya tak terpenuhi.

Padahal, sama sekali tidak ada hubungannya bayi ngeces dengan ngidamnya ibu, lo.

Anggapan ini tentu hanya mitos. Sebab, sampai saat ini tidak ada riset yang membuktikan adanya keterkaitan antara ngeces dan ngidam.

Ngeces adalah suatu proses yang normal pada masa bayi. Bahkan, masih ditoleransi sampai anak berusia empat tahun.

Baca Juga: Gejala HIV pada Ibu Hamil Dewasa, Salah Satunya Sakit Tenggorokan Mirip Flu, Bisa Menularkan pada Bayi Namun dapat Dicegah dengan Cara Ini

Dikutip dalam buku Utami S Rahayu "A-Z Tip Bayi Cerdas dan Sehat" dalam istilah kedokteran, ngeces disebut shalore, yaitu pengeluaran cairan ludah dari rongga mulut yang tidak disengaja, akibat ketidakmampuan untuk menelan.

Pada bayi, ngeces boleh dibilang suatu hal yang biasa dan dialami oleh setiap bayi. Namun, ngeces baru banyak dijumpai pada bayi berumur 8–12 bulan, bersamaan dengan proses tumbuh gigi.

Di sisi lain, ngeces memiliki manfaat untuk bayi, lo. Air liur berfungsi melindungi permukaan wilayah tenggorokan pada saat menelan makanan.

Di dalam air liur terdapat enzim amilase. Enzim ini berfungsi membantu pencernaan dan mengeliminasi atau mengevakuasi bakteri dan virus dari mulut, agar tidak sampai ke usus.

Baca Juga: Kisah Bayi 'Ajaib' Berusia 6 Bulan yang Berhasil Kalahkan Virus Corona, Lahir dengan Kelainan Jantung hingga Mendapatkan 'Penghormatan' dari Para Staf Medis Usai Sembuh dari Covid-19