Find Us On Social Media :

Dianjurkan Nabi Muhammad SAW Makan Kurma Sebelum Berbuka Puasa, Ternyata Ada Manfaat 'Ajaib' Mendahulukan Makan Kurma Sebelum Berbuka

By Afif Khoirul M, Jumat, 24 April 2020 | 14:35 WIB

 

Intisari-online.com - Kurma merupakan buah yang berasal dari Timur Tengah. Ketika menjelang bulan Ramadhan, buah kurma paling sering dicari.

Hal ini dikarenakan buah kurma menjadi hidangan sunnah untuk berbuka puasa.

Selain kurma, umat muslim juga disarankan untuk buka puasa dengan air putih.

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, "Ketika salah seorang di antara kalian berpuasa, maka berbukalah dengan kurma. Jika tidak mendapati kurma, maka berbukalah dengan air putih, karena air putih mensucikan."

Baca Juga: Tak Cukup Bikin Dunia Kelabakan, Virus Corona Juga Picu Konflik Baru antara China dan Negara Barat

Lantas, saat berbuka puasa, sebaiknya makan kurma terlebih dahulu atau minum air putih?

Sebagai umat muslim kita sebaiknya mencontoh apa yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW setiap kali beliau berbuka puasa.

Sebab dengan mencontoh dan melakukan apa yang Nabi Muhammad SAW, itu sama halnya dengan mengikuti sunnah dan memuliakan beliau.

“Dari Anas bin Malik, ia berkata : Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berbuka puasa sebelum salat dengan ruthab (kurma basah), jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering), dan jika tidak ada tamr, beliau meminum seteguk air” - HR Abu Dawud (no. 2356), Ad-Daruquthni (no. 240) dan Al-Hakim (I/432 no. 1576). Dihasankan oleh Imam Al-Albani dalam Irwa-ul Ghalil fi Takhrij Ahaadits Manaaris Sabiil IV/45 no. 922,

Baca Juga: Lebih Parah dari Virus Corona, China Ternyata Pernah Diserang Pandemi Mematikan yang Menewaskan 60.000 Penduduknya, Kisahnya Nyaris Sama dengan Covid-19 Apakah Kebetulan?