Find Us On Social Media :

Menurut Penelitian di China, Pendingin Ruangan Restoran Berpotensi Tularkan Virus Corona, Ini yang Disarankan Para Peneliti

By Khaerunisa, Kamis, 16 April 2020 | 13:28 WIB

Ilustrasi pendingin ruangan.

Intisari-Online.com - Berbagai penelitian tentang virus corona dilakukan oleh para ahli.

Salah diantaranya terkait bagaimana virus ini menular.

Salah satu penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa ada potensi pendingin ruangan dapat membantu transmisi droplet yang menularkan virus corona dari seorang penderita ke orang lain.

Sebuah studi tentang 10 kasus virus corona dari tiga keluarga yang makan di restoran yang sama di China selatan telah menyarankan bahwa pendingin ruangan (air conditioner/AC) membantu transmisi tetesan di antara mereka.

Baca Juga: 'Yang Sedang Kesusahan Bukan Ojol Saja', Saat Kesulitan Akibat Wabah Corona Tak Menghalangi Pengemudi Ojek Online untuk Berbagi dengan Sesama, Aksinya Tuai Pujian

"Aliran udara yang kuat dari AC bisa merambatkan tetesan di antara tiga meja," menurut laporan penelitian, berdasarkan infeksi di kota Guangzhou pada akhir Januari.

Penularan tetesan saja tidak dapat menjelaskan infeksi, begitu kesimpulan dari riset yang dilakukan.

Melansir South China Morning Post, hasil riset merekomendasikan, restoran harus menambah ruang di antara meja dan meningkatkan ventilasi untuk mengurangi risiko infeksi.

Riset ini dipimpin oleh Jianyun Lu dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Guangzhou.