Find Us On Social Media :

Selain Letusan Krakatau yang Tewaskan Lebih dari 36.000 Orang, Ini 3 Letusan Gunung Api dengan Korban Terbanyak Sepanjang Masa

By Mentari DP, Sabtu, 11 April 2020 | 10:30 WIB

Gunung Anak Krakatau meletus Jumat 10 April 2020 malam.

Intisari-Online.com - Dilansir dari kompas.com pada Sabtu (11/4/2020), Gunung Anak Krakatau kembali erupsi pada Jumat (10/4/2020) malam sekitar pukul 21.58 WIB. 

Menurut Rahmatullah, seorang warga Pulau Sebesi yang berada 19 kilometer dari Gunung Anak Krakatau, abu tebal ikut menyembur sejak gunung di Selat Sunda itu meletus.

“Abunya tebal, dari jam 12 malam tadi turun."

"Sampai di depan rumah ini masih ada abunya,” kata Rahmatullah.

Baca Juga: Letusan Gunung Anak Krakatau Bukan Apa-apa, Ini 2 Gunung Api Indonesia dengan Letusan Paling Dahsyat, Bahkan 100 Kali Lebih Kuat!

Seperti yang kita tahu, Gunung Anak Krakatau merupakan salah satu 'peninggalan' dari letusan dahsyat Gunung Krakatau pada tahun 1883.

Letusan tersebut mengakibatkan seluruh dunia tertutupi abu hingga berbulan-bulan lamanya.

Suara letusannya bahkan terdengar hingga Australia dan Pulan Rodrigues yang berjarak lebih dari empat ribu kilometer dari Krakatau.

Matahari terbenam di berbagai wilayah di dunia terlihat benar-benar merah akibat pembelokkan cahaya di atmosfer terhalang oleh abu.

Baca Juga: Bukan dari Gunung Anak Krakatau atau Langit, Ini Penjelasan Dentuman Misterius yang Didengar Warga, 'Percaya atau Tidak, Bumi Kita Memang Bicara'