Find Us On Social Media :

Peneliti Menemukan Virus Corona Bertahan 7 Hari di Masker Bedah, Apa yang Harus Kita Lakukan untuk Menghindari Risikonya?

By Khaerunisa, Rabu, 8 April 2020 | 06:30 WIB

Peneliti Temukan Virus Corona Bertahan Selama Seminggu di Permukaan maker bedah.

Intisari-Online.com - Peneliti menemukan jika virus corona dapat bertahan selama 7 hari di masker bedah.

Masker menjadi salah satu Alat Pelindung Diri (APD) yang digunakan untuk mencegah penularan virus corona.

Memang masker dapat mencegah virus masuk ke tubuh kita melalui hidung dan mulut, namun di permukaan bagian luar masker itu virus corona dapat bertahan.

Sejak awal adanya wabah Covid-19, para peneliti telah mempelajari berapa lama virus ini dapat hidup di berbagai permukaan, dari kardus hingga baja tahan karat.

Baca Juga: Bak Petir di Siang Bolong, Lebih dari 50 Pasien Virus Corona Korea Selatan yang Sudah Dinyatakan Sembuh Kembali Positif Covid-19, Ini Kata Ahli

Virus corona biasanya menyebar melalui tetesan udara dari batuk atau bersin orang yang terinfeksi, tetapi juga dapat ditinggalkan pada objek benda.

Kemudian jika Anda menyentuh sesuatu yang memiliki cukup virus di atasnya kemudian menyentuh wajah Anda, maka ada risiko infeksi virus ini.

Penelitian yang berkembang ini telah digunakan untuk membantu memandu rekomendasi tentang bagaimana masyarakat dapat melindungi diri mereka dari COVID-19.

Melansir Businessinsider.sg, Sebuah laporan baru yang diterbitkan di Lancet mempelajari stabilitas dan jumlah virus yang hadir dari waktu ke waktu di berbagai permukaan, termasuk jaringan, kayu, dan kain.