Find Us On Social Media :

Lebih Tua dari yang Diperkirakan Sebelumnya, Migrasi Manusia Modern dari Afrika ke Seluruh Dunia Terjadi Sekitar 130 Ribu Tahun yang Lalu

By Intisari Online, Selasa, 24 April 2018 | 22:00 WIB

Intisari-Online.com - Gigi-gigi purba di sebuah gua di Cina Selatan menunjukkan bahwa manusia modern telah ada di Asia jauh lebih awal daripada yang diperkirakan sebelumnya—dan jauh lebih awal dibanding di Eropa.

Gigi-gigi itu juga mengindikasikan bahwa migrasi pertama manusia modern dari Afrika ke seluruh dunia terjadi sekitar 130 ribu tahun yang lalu, bukan 70 ribu tahun yang lalu seperti yang disebut pada penelitian sebelumnya.

Manusia modern pertama berasal dari Afrika sekitar 200 ribu tahun yang lalu.

Kapan dan bagaimana garis keturunan manusia modern yang tersebar dari Afrika telah lama menjadi kontroversi.

Beberapa ilmuwan sebelumnya percaya bahwa eksodus pertama manusia modern dari Afrika terjadi antara 40 ribu-70 ribu tahun yang lalu.

Baca juga: Menurut Penelitian, Neanderthal Telah Mengenal Seni 20 Ribu Tahun Sebelum Manusia Modern Melukis di Dinding Gua

Namun penelitian terbaru, berdasarkan gigi-gigi kuno itu, mengisyaratkan bahwa manusia modern telah memulai perjalanan berkeliling dunia sejak 130 ribu tahun yang lalu.

Salah satu tempat yang bisa menjelaskan penyebaran pertama itu adalah Cina Selatan, yang kaya akan gua-gua purba.

Para ilmuwan telah menganalisis gigi purba manusia modern yang mereka temukan di Fuyan Cave, Provinsi Hunan, Cina Selatan (yang merupakan bagian dari sistem gua dengan luas 3 ribu meter persegi.)

Penggalian pada 2011-2013 menghasilkan sekitar 47 gigi manusia modern, juga tulang belulang dari hewan-hewan seperti panda, hyena, dan babi.

Para ilmuwan merinci temuan tersebut dalam jurnal Nature edisi 15 Oktober. Mereka menyebut gigi-gigi itu berasal dari 80 ribu-120 ribu tahun yang lalu.

Ini membuktikan bahwa fosil-fosil yang ditemukan di Cina Selatan lebih tua dari anggapan sebelumnya bahwa manusia modern di Cina ada sekitar 45 ribu tahun yang lalu.

Baca juga: (Foto) Dari Ubur-ubur Hingga Hiu, Inilah 15 Potret Menakjubkan Ketika Hewan Bermigrasi