Find Us On Social Media :

Tidak Instan, Begini Lika-liku Benyamin Sueb Ukir Namanya Hingga Jadi Legenda di Indonesia

By Tatik Ariyani, Kamis, 19 April 2018 | 11:15 WIB

Intisari-Online.com - Film Benyamin Biang Kerok yang awal-awalnya digadang-gadang akan sukses ternyata tidak membuahkan hasil yang memuaskan bagi rumah produksi MAX Pictures melalui produsernya Ody Mulya Hidayat.

Hal itu lalu berujung pada gugatan perdata Ody pada penulis cerita film Benyamin Biang Kerok versi asli, yang dirilis pada 1972, Syamsul Fuad.

Tuduhan yang dilayangkan pada Syamsul disebabkan film Benyamin Biang Kerok (2018) tidak mencapai target enam juta penonton.

Sosok asli dalam film tersebut adalah Benyamin Sueb yang merupakan seniman Betawi yang berhasil menorehkan namanya di industri hiburan.

BACA JUGA: Kisah Pengantin Pria Minta Cerai Usai Menikah Jadi Viral. Ini Alasannya

Prestasinya dengan julukan artis serba bisa tak mustahil jika sosoknya begitu dikenal hingga saat ini, meski raganya sudah tak ada di dunia ini.

Benyamin dikenal sebagai bintang layar perak, pemain sinetron, sutradara, bintang iklan, penyanyi, pelawak, pembawa acara, sampai pengisi acara di radio betawi yang didirikannya, yakni Bens Radio.

Darah seni yang mengalir dalam tubuh Benyamin membuatnya telah menghasilkan lebih dari 75 album musik dan 53 judul film.

Celetukan yang dilontarkannya dalam film pun, termasuk 'muke lo jauh', 'emang rezeki kagak kemane' hingga 'muke gile' masih digunakan masyarakat hingga saat ini yang menjadi salah satu alasan Benyamin sebagai legenda di Indonesia.

BACA JUGA: Evolusi Kayak, Salah Satu Cabang Olahraga Asian Games yang Seru!

Kesuksesan Benyamin dalam dunia hiburan tanah air pun tak lepas dari perjuangan yang cukup rumit.

Benyamin kecil, yang kehilangan bapaknya sejak usia dua tahun, mulai ngamen keliling kampung dengan lagu Sunda Ujang-ujang Nur sambil bergoyang, untuk membantu kondisi ekonomi keluarganya.

Benyamin kecil juga mempunyai sifat jahil namun humoris yang membuatnya disukai teman-temannya.