Find Us On Social Media :

Negeri Sakura Telah Izinkan Indonesia Bawa Pulang 74 WNI dari Diamond Princess, Ini Dua Opsi Skenario Pemulangan WNI Kru Diamond Princess

By May N, Sabtu, 22 Februari 2020 | 13:54 WIB

 

Intisari-online.com - Pemerintah Jepang mengumumkan memberi lampu hijau bagi Indonesia untuk membawa pulang 74 WNI di kapal pesiar Diamond Princess.

Langkah itu diambil di tengah kritikan yang melanda pemerintahan Perdana Menteri Shinzo Abe, atas karantina penumpang dan pegawai kapal di tengah wabah virus corona.

Dalam konferensi pers, Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi menerangkan bahwa Indonesia dan Filipina berencana membawa warganya dari Diamond Princess.

"Kami telah menyetujui dua pemerintah yang meminta penjemputan warga masing-masing ke negaranya, yakni Indonesia dan Filipina," ujarnya dikutip dari Kompas.com Jumat (21/2/2020).

Baca Juga: Capai 346 Kasus, Ini Alasan Jumlah Pasien yang Terinfeksi Virus Corona Meningkat Tajam di Korea Selatan

Diberitakan Kyodo News, Motegi melanjutkan bahwa dua negara berencana mengerahkan pesawat carter untuk memulangkan warganya dari Yokohama, tempat kapal itu dikarantina.

Menurut Motegi, langkah itu diambil setelah 759 penumpang sudah dievakuasi oleh AS, Korea Selatan, Australia, Hong Kong, Israel, dan Kanada.

Motegi menambahkan, kapan pesawat tersebut bakal diberangkatkan dia menyerahkannya kepada pemerintahan negara masing-masing.

"Izin sudah diberikan, silakan datang menjemput," jelasnya.

Baca Juga: Kisah Tragis Peng Yinhua, Dokter China yang Tunda Menikah Dengan Gadis Pujaannya Demi 'Perang' Melawan Virus Corona, Justru Harus Hadapi Kenyatan Ini Setelah Ikut Terinfeksi, 'Harusnya Kami Menikah Tanggal 1...'