Find Us On Social Media :

18 Tahun Berperang di Afghanistan, Amerika dan Taliban Sepakati Gencatan Senjata Sementara Waktu, Dimulai Sabtu Ini

By Maymunah Nasution, Jumat, 21 Februari 2020 | 19:28 WIB

Taliban

Intisari-online.com - Amerika Serikat sedang mempersiapkan tandatangani perjanjian dengan Taliban pada 29 Februari.

Kesepakatan tersebut tujuannya untuk kurangi kekerasan yang telah lama terjadi di Afghanistan, seperti dikatakan oleh Mike Pompeo, Menteri Sekretaris Negara, Jumat (21/2/2020).

"Melalui kesepakatan ini diharapkan bisa membuat kedua belah pihak maju dan bahas isu lainnya" ujarnya dalam pernyataan yang dirilis setelah mengunjungi Arab Saudi.

Gencatan senjata selama seminggu antara Taliban, tentara Amerika dan pasukan keamanan Afghanistan tersebut akan dimulai sejak Sabtu (22/2/2020) mendatang, seperti diungkapkan oleh juru bicara Dewan Keamanan Nasional Afghanistan Javed Faisal Jumaat (21/2/2020).

Baca Juga: 4 Manfaat Labu Siam untuk Perkembangan Bayi, Salah Satunya Bantu Sempurnakan Susunan Sistem Saraf

Hal ini akan jadi tindakan bersejarah setelah lebih dari 18 tahun konflik di Afghanistan, dan diharapkan, mengarah ke berakhirnya perang.

Setelah ditandatangani pada 29/2/2020, negosiasi inter-Afghanistan akan dimulai, diharapkan dilaksanakan di ibu kota Qatar, Doha, jelas Pompeo.

Mereka akan "membangun langkah dasar untuk menuju gencatan senjata permanen dan komprehensif dan peta politik masa depan Afghanistan.

"Satu-satunya cara mencapai kedamaian berkelanjutan di Afghanistan adalah dengan para warga bergerak bersama dan setuju mulai maju."

Baca Juga: Viral Potret Pengemis Cilik Todongkan Pistol ke Pengendara Mobil di Lampu Merah, Ternyata Ini Fakta Dibaliknya