Find Us On Social Media :

Panzer III Maus, Tank Terbesar di Dunia Andalan Hitler yang Produksinya Dibatalkan karena Tak Ada Jembatan yang Bisa Dilintasinya

By Agustinus Winardi, Sabtu, 14 April 2018 | 06:00 WIB

Intisari-Online.com - Nazi Jerman pernah membuat tank terbesar di dunia. Tank ini juga disebut sebagai tank terbesar yang dibuat melewati zamannya.

Tank yang dinamai Panzerkampfwagen VIII Maus (Sd.Kfz 205) ini merupakan tank paling berat yang pengerjaan prototipenya diselesaikan selama Perang Dunia II.

Rancangan dasar tank yang dikenal sebagai VK70001/Porche Type 2005 ini diusulkan oleh Ferdinand Porche kepada Adolf Hitler pada bulan Juni 1942.

Hitler yang menerima proposal tak perlu waktuy lama untuk menyetujui. Sebagai penyaran, Porche memenangkan kontrak untuk pembuatan tank super berat ini.

Karena mendapat restu sang Fuhrer dan perang besar sedang berlangsung, pengerjaan sang monster terhitung cepat.

Baca juga: Tiger Tank Paling Mematikan Andalan Hitler Ini Menjadi Cikal Bakal Lahirnya Tank Leopard II yang Dimiliki TNI AD

Prototipe pertama sudah selesai dibuat pada 1943. Awalnya tank ini diberi nama Mammut atau Mammoth dalam bahasa Inggris.

Nama yang pas, karena terinspirasi dari sosok leluhur gajah zaman prasejarah yang besar dan kuat.

Namun sejumlah sumber menyebutkan bahwa nama itu kemudian diubah menjadi Mauschen (Mousie) pada Desember 1942 sebelum akhirnya diputuskan menggunakan nama Maus (Mouse) pada Februari 1943.

Seberapa besarnya tikus raksasa ini? Panjang lambungnya saja 10,1 meter, lebarnya 3,67 meter dan tinggi 3,66 meter.

Untuk persenjataan, Maus menggunakan kanon 128 mm dengan senjata tolak balik 75 mm.

Total sembilan varian diselesaikan ketika perang usai dengan dua diantaranya betul-betul sempurna.

Maus yang dioperasikan oleh lima atau enam awak rencananya akan diproduksi dalam jumlah signifikan sekitar 150 hingga 200 unit.