Find Us On Social Media :

Viral! Barang Terlarang Ini Disebut-sebut Ampuh Hancurkan Virus Corona, Benarkah? Ini Penjelasanny

By Maymunah Nasution, Minggu, 16 Februari 2020 | 12:40 WIB

Viral! Barang Terlarang Ini Disebut-sebut Ampuh Hancurkan Virus Corona, Benarkah?

Intisari-online.com - Virus Corona telah menjadi pandemi di seluruh dunia semenjak mewabah mulai Desember 2019 silam.

Sayangnya, kepanikan dan hoax serta misinformasi justru menyebar lebih cepat daripada informasi legit mengenai virus tersebut.

Paling baru adalah berita mengenai obat virus corona adalah narkotika kokain.

Sebuah gambar potongan video breaking news mengklaim jika kokain adalah penawar baru untuk virus corona tersebar lewat Twitter dan Facebook.

Baca Juga: Salahkan Masyarakat yang Bikin Harga Masker Melonjak Tinggi karena Takut Tertular Virus Corona, Menkes Terawan: Salah Sendiri Kok Dibeli

Gambar tersebut adalah gambar sekantung kokain sebagai latar belakang dan banner berita bertajuk "kokain membunuh virus corona" dan "ilmuwan terkejut temukan obat ini bisa melawan virus tersebut."

Tentu saja, hal ini menimbulkan geger para warganet, yang bisa dilihat di posting Twitter tersebut telah mendapat 2.75 ribu Retweets dan 5.4 ribu Likes sejak diunggah tanggal 3/2/2020 silam.

Melansir Politifact, berita ini adalah hoax, dan gambar tersebut merupakan gambar buatan dari pembuat berita online yang bisa dicari di google untuk membuat tampilan berita sendiri tanpa ada croscek kebenaran berita.

Kenyataannya, sampai saat ini belum ada obat bagi virus corona, walaupun negara-negara maju berlomba-lomba kembangkan vaksin untuk memperkuat antibodi tubuh melawan virus tersebut.

Baca Juga: Niat Berbahagia dengan Menikah untuk Ketiga Kalinya, Pesta Berubah Jadi Petaka Saat Istri Pertama Muncul, Mempelai Pria Babak Belur dan Terancam Dibakar Saat Sembunyi