Find Us On Social Media :

Unggah 'Video Terlarang' Tentang Kacaunya Wuhan Setelah Virus Corona ke Media Sosial, Pria China Ini Hilang Tanpa Jejak, Sebelumnya Sempat Ditangkap Polisi

By Tatik Ariyani, Minggu, 9 Februari 2020 | 10:49 WIB

Chen Quishi (kiri) - Warga Wuhan dipindahkan dari rumahnya dan diseret ke rumah sakit kota (kanan)

Intisari-Online.com - Seorang warga China yang telah mengungkap pada dunia tentang situasi kacau di jalan-jalan pusat virus Wuhan diberitakan telah menghilang.

Pria itu, Chen Qiushi belum terdengar sejak pukul 19.00 waktu setempat pada hari Kamis. Panggilan telepon selulernya juga tidak dijawab.

Sebelumnya, Chen pernah melaporkan kondisi di Wuhan termasuk seorang wanita dengan panik menelepon keluarga di telepon saat dia duduk di samping seorang kerabat yang terbaring mati di kursi roda dan situasi pasien yang tak berdaya di rumah sakit yang terlalu padat.

Hilangnya Chen terjadi ketika dokter China berusia 34 tahun yang heroik, Li Wenliang, yang memberikan peringatan awal munculnya virus corona, diumumkan telah meninggal.

Baca Juga: Kepribadian Seseorang Bisa Dilihat dari Bentuk Jempolnya, Bagaimana dengan Milik Anda? Coba Cek Sekarang!

Li diduga tertular penyakit tersebut saat merawat pasien di Rumah Sakit Pusat Wuhan.

Sesama rekan jurnalis warga China Fang Bin, yang telah mempublikasikan video mayat yang dimuat ke dalam bus, juga ditangkap oleh pihak berwenang pekan lalu. Namun, dia telah dibebaskan.

Sebelum menghilang, Chen mengunjungi rumah sakit besar, rumah duka dan daerah perumahan di Wuhan dan berbicara dengan pasien dan keluarga untuk mencari tahu tentang epidemi tersebut, seperti diwartakan Daily Mail, Sabtu (8/2/2020).

Video-videonya kemudian diunggah ke Twitter dan YouTube.

Faktanya, video seperti yang diunggah Chen dilarang beredar di China tetapi masih bisa diakses dengan perangkat lunak yang menghindari firewall.

Baca Juga: Meninggal di Gendongan Sang Ayah, Bayi Berusia 1 Hari Ini Membuat Dokter Terkejut karena Mampu Bertahan Lama, padahal Kondisinya Sangat Memprihatinkan