Find Us On Social Media :

Gelas yang Dibelinya Meledak, Wanita Ini Ajukan Gugatan Kepada IKEA Sebesar Rp2 Miliar

By Ade Sulaeman, Rabu, 21 Maret 2018 | 10:45 WIB

Intisari-Online.com – Hati-hati bila menuang air panas ke dalam gelas yang tipis. Banyak kasus ada gelas yang meledak atau pecah saat diisi air panas.

Hal inilah yang dialami oleh seorang wanita asal Beijing, China, yang hanya disebut dengan nama Wang.

Wanita itu mengalami luka pada bibir akibat gelas yang berisi air panas meledak di wajahnya.

Diceritakan, pada akhir Mei 2017 lalu, ia membeli gelas bening dari IKEA. Gelas bertangkai kecil itu bermerek ‘Stelna’.

(Baca juga: Ketika Belanda Merasa Ketakutan dan Rela Memberikan Papua Tanpa Syarat, Pertumpahan Darah pun Terhindarkan)

Suatu hari ia mengisi gelas itu dengan air panas. Saat ia menyesap air dari gelas tersebut, tiba-tiba gelas yang berada di dekat wajahnya ‘meledak’.

Insiden itu membuat wanita terluka dan pingsan. Gigi bagian depannya ikut patah.

Wang langsung dilarikan ke rumah sakit dan mendapat empat jahitan pada bagian bibirnya yang luka sobek.

Nah, pekan lalu, Wang mengajukan gugatan kepada IKEA karena menjual barang cacat. Ia menggugat toko tersebut sebesar 1 juta yuan atau sekitar Rp2 miliar.

Jumlah itu merupakan ganti rugi atas luka-luka yang dialami oleh Wang akibat gelas meledak di wajahnya.

Wanita itu mengklaim bahwa insiden itu tidak hanya melukainya secara fisik, tetapi juga psikisnya.

“Aku panik setiap kali mendengar bunyi keras, bunyi tiba-tiba. Bila aku terbangun dari tidur di malam hari karena suara keras, aku tidak bisa tidur lagi,” kata Wang.

Ia menambahkan, sepanjang hari ia sangat depresi. Hal itu bahkan jadi berpengaruh pada pekerjaannya.

(Baca juga: ATM 'Muntahkan' Uang Jutaan, Satu Pasangan yang Kebetulan Lewat ini Buru-buru Mengambilnya!)

Wang tidak puas dengan cara IKEA mengatasi masalah luka yang dialaminya. Ia bilang, tanggung jawab perusahaan itu ‘tidak bersungguh-sungguh’.

Perusahan penjual perlengkapan rumah tangga itu menolak untuk mengganti rugi biaya rumah sakit. Ia pun memutuskan untuk membawa kasus ini ke pengadilan.

Dilansir dari situs Medium Corp, lima hari setelah insiden tersebut, IKEA mengumumkan permohonan maaf secara umum kepada Wang.

Permohonan maaf itu disampaikan melalui akun media sosialnya di Weibo. Perusahaan tersebut menyatakan akan memberi ganti rugi atas luka yang dialami Wang.

Namun, ketika sidang digelar pada 15 Maret 2018 lalu, tidak ada satupun dari perwakilan perusahan besar tersebut.

Seorang petugas layanan konsumen mengatakan bahwa perusahan tidak mempelajari kasus itu hingga tanggal persidangan mendekat.Kasus itu akan dijadwal ulang pada tahun ini juga.

Sementara itu cangkir-cangkir Stelna masih dijual di toko-toko IKEA di China.

Kembali pada 2013, perusahaan itu dipaksa menarik gelas bermerek ‘Lyda’, setelah 10 orang terluka akibat gelas itu pecah saat diisi air panas ke dalamnya.

Tiga tahun kemudian, perusahan itu bermasalah lagi, setelah terbukti kembali meneruskan penjualan suatu jenis lemari kayu di China.

Padahal lemari itu sudah ditarik di Amerika Utara setelah terjadi kecelakaan yang berhubungan dengan lemari itu hingga menewaskan enam anak.

(Baca juga: (Foto) Inilah Kamuflase Paling Sempurna Beberapa Hewan, Bisakah Anda Menebak Hewan Apa Itu?)