Find Us On Social Media :

Kronologi Wartawan Senior Ilham Bintang Alami Pembobolan Rekening Bank Setelah SIM Card Dicuri, Modus Baru Kejahatan Perbankan?

By Maymunah Nasution, Selasa, 21 Januari 2020 | 14:09 WIB

Tangkapan CCTV di gerai Indosat Bintaro Jaya Xchange. Si penipu yang mengaku sebagai Ilham Bintang terlihat berkonsultasi dengan karyawan customer service

Intisari-online.com - Dilansir dari Kompas TV, Nomor kartu subscriber identity module ( SIM) card Indosat Ooredoo milik wartawan senior Ilham Bintang diganti oleh orang tidak dikenal saat bepergian ke luar negeri.

Nomor SIM card tersebut juga diduga dipakai untuk membobol uang dalam rekening bank milik Ilham Bintang, yang kemudian oleh pelaku ditransfer ke hampir 100 rekening.

Awalnya menurut penuturan Ilham, ia alami gagal sinyal pertama kali pada 4 Januari, dengan sinyal dikabarkan 'SOS'.

Saat itu ia sedang berada di Australia, dan sebelum ia berangkat ia sudah membeli paket Roaming.

Baca Juga: Bukan Hanya karena Terlalu Banyak Menangis, Warna Biru di Bawah Mata Rey Utami Juga Bisa Jadi Tanda Penyakit yang Merenggut Nyawa Ani Yudhoyono

4 Januari tersebut ia masih belum sampai Melbourne, dan kemudian ia akhirnya mengganti nomernya dengan kartu perdana lokal saat sudah sampai Melbourne.

Tanggal 5, ia coba untuk mengakses internet banking dengan WiFi, tetapi saat itu ia tidak dapat mengakses internet banking karena password salah.

Tanggal 6 ia ambil uang di Commonwealth Bank, tetapi gagal karena saldonya sudah habis, segera ia menelepon agen bank di Jakarta.

Ilham alami kesulitan karena ia tidak dapat memblokir rekeningnya karena ia harus menelepon bank, dan ia tidak menggunakan nomor lokal Australia yang sedang ia gunakan.

Baca Juga: Bak Adegan Film, 75 Tahanan di Penjara Ini Kabur dengan Menggali Terowongan Bawah Tanah, Kelompok yang Melarikan Diri Ternyata Bukan Penjahat Sembarangan