Find Us On Social Media :

Bila Anak-anak Mengalami Biduran, Sebelum Pergi ke Dokter Ini yang Bisa Anda Lakukan untuk Mengobatinya

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 21 Januari 2020 | 08:00 WIB

Biduran pada anak.

Intisari-Online.comBiduran yang dialami pada anak-anak mungkin membuat Anda sebagai orangtua cukup panik.

Anak-anak hanya bisa menggaruk dan menggaruk terus-menerus tanpa mereka tahu bahwa itu cukup berbahaya, karena bisa menyebabkan luka.

Gatal-gatal seperti biduran itu biasanya tidak berbahaya dan hanya sementara.

Gejala umum biduran ini termasuk area yang sedikit terangkat, merah muda atau merah pada kulit, terjadi sendirian atau dalam kelompok, atau semakin meluas areanya, dan ada pula yang terjadi pembengkakan kulit yang berkurang atau hilang dalam beberapa menit atau jam.

Baca Juga: Ini Cara Pengobatan di Rumah Saat Tubuh Alami Biduran, Salah Satunya dengan Kompres Dingin

“Obat terbaik untuk biduran ini adalah mencoba menghindari apa pun yang memicunya, meskipun mengidentifikasinya sering kali sulit,” kata dokter kulit bersertifikat Bruce A. Brod, MD, FAAD, profesor klinis dermatologi, University of Pennsylvania, Parelman School of Medicine, seperti dilansir dari Webmd.

Salah satu cara untuk membantu mengidentifikasi pemicu adalah dengan mencatat dalam buku gejala anak Anda, termasuk hari dan waktu biduran terjadi dan berapa lama bertahan.

Perhatikan juga setiap perubahan pada lingkungan biasa anak Anda yang mungkin berkontribusi terhadap masalah, seperti debu, hewan, atau di luar rumah.

Baca Juga: Alami Biduran? Ini Cara Atasi Biduran Tanpa Obat, Sangat Mudah!