Find Us On Social Media :

Tanpa Kepala Desa, Penduduk, Bahkan Wilayah tapi Rutin Terima Dana Desa Hingga Lebih dari Rp5 Miliar, Inilah Desa 'Siluman' yang Bikin Sri Mulyani Senewen

By Ade S, Rabu, 15 Januari 2020 | 16:25 WIB

Tanpa Kepala Desa, Penduduk, Bahkan Wilayah tapi Rutin Terima Dana Desa Lebih dari Rp5 Miliar, Inilah Desa Fiktif yang Bikin Sri Mulyani Senewen

Intisari-Online.com - Saat pertama kali diluncurkan, program dana desa memang dianggap sangat rentan untuk disalahgunakan atau diselewengkan.

Namun, siapa sangka jika dana desa, bahkan mencapai lebih dari Rp5 miliar, bisa mengalir begitu saja ke desa-desa yang tak jelas juntrungannya.

Bayangkan, desa-desa tersebut tak memiliki struktur desa, kepala desa, penduduk, bahkan wilayah.

Inilah desa fiktif yang bikin Kementerian Keuangan yang dipimpin Sri Mulyani Indrawati berang.

Baca Juga: Pantas Sri Mulyani Sampai Geregetan dan Sampai Hentikan Aliran Dana, Pengelolaan Anggaran Pemda Tunjukkan Adanya 56 Desa Fiktif Dapat Kucuran Dana Desa

Hingga pada akhirnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani secara resmi menghentikan aliran desa ke 56 desa fiktif di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara.

Kebijakan ini diambil seiring dengan keluarnya hasil penyelidikan yang dilakukan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama dengan Polda setempat.

"Jadi penyaluran dana desa tahap III 2019 untuk keseluruhan 56 desa dihentikan sampai kami mendapat kejelasan status dari desa tersebut," ujar Sri Mulyani ketika memberi penjelasan kepada Komite IV DPD RI di Jakarta, Selasa (14/1/2020).

Lalu, bagaimana ceritanya desa-desa fiktif tersebut bisa masuk dalam penerima dana desa bahkan sampai bikin negara mengelurkan dana lebih dari Rp5 miliar?

Baca Juga: Tolak Mentah-mentah Dana Desa Rp2,5 Miliar, Bagaimana Kehidupan Sebenarnya dari Suku Baduy?