Find Us On Social Media :

10 Makanan Ini Harus Dihindari Jika Anda Penderita Diabetes Tipe 2, Salah Satunya Lemak Daging

By K. Tatik Wardayati, Minggu, 12 Januari 2020 | 06:20 WIB

ilustrasi daging

Intisari-Online.com – Anda mencoba menjaga kadar gula darah tetap stabil? Jauhi 10 makanan ini agar tetap sehat dan terhindar dari komplikasi.

Diet diabetes tipe 2 yang sehat meliputi karbohidrat sehat seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian; susu rendah lemak; ikan sehat jantung seperti salmon, mackerel, tuna, dan sarden; dan lemak baik seperti kacang, alpukat, dan minyak zaitun.

Tetapi merasakan yang terbaik saat Anda menderita diabetes bukan hanya soal memilih makanan yang tepat, tetapi juga membatasi atau menghindari makanan yang dapat meningkatkan gula darah Anda dan meningkatkan risiko komplikasi.

Jika Anda ingin makan makanan seimbang dan sehat, dan menghindari karbohidrat olahan, yang meningkatkan gula darah.

Baca Juga: Segera Ganti Gula Anda dengan Gula Merah Aren, Aman untuk Diabetes Hingga Penuhi Kebutuhan Kalium!

Anda juga harus menghindari lemak jenuh yang ditemukan pada daging berlemak, susu penuh lemak, dan makanan yang digoreng, karena orang dengan diabetes tipe 2 memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung.

Diet sehat untuk diabetes juga akan membantu Anda mengelola berat badan atau menurunkan berat badan jika Anda kelebihan berat badan, yang penting, karena kehilangan hanya 10 hingga 15 pon dapat membantu Anda mencegah dan mengelola gula darah tinggi, menurut American Diabetes Association.

Penelitian menunjukkan bahwa menurunkan berat badan juga dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin, yang berarti Anda kurang tahan dan lebih mampu merespons insulin, jelas Kimberlain.

Sebuah penelitian kecil yang diterbitkan pada Juni 2017 di Nutrition & Diabetes menunjukkan peningkatan sensitivitas insulin berkelanjutan pada wanita yang berhasil menurunkan berat badan dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki riwayat penurunan berat badan.

Baca Juga: Diabetes Tidak Bisa Disembuhkan Hanya Bisa Dikontrol, Coba dengan 9 Bahan Dapur Berikut Ini, Salah Satunya Kayu Manis