Find Us On Social Media :

Upaya River Ranger Agar Plastik tak Semakin Menjerat Ciliwung

By Agus Surono, Rabu, 15 Januari 2020 | 15:19 WIB

Salah satu kegiatan River Ranger.

Intisari-Online.com - Dalam sejarahnya, Sungai Ciliwung yang membelah wilayah Jakarta selalu dirundung masalah. Tak bisa menolak ketika dijadikan tempat sampah warga di sekitar atau yang tiap hari melintas. Ketika marah karena jadi tempat buang sampah, “badan”nya diotak-atik agar tak bikin masalah.

Sampah dan limbah sudah akrab dengan keseharian Sungai Ciliwung sejak ratusan tahun silam. Pada 1740, misalnya. Air Sungai Ciliwung dinyatakan tak sehat karena banyaknya sampah dan limbah dari rumah sakit yang dibuang ke sungai. Akibatnya, berjangkit penyakit desentri dan kolera yang menyebabkan tingginya angka kematian di Batavia saat itu.

Padahal, tahun 1689, air Sungai Ciliwung masih dimanfaatkan untuk minum dan kebutuhan rumah tangga oleh penduduk di bantaran sungai.

Jauh sebelumnya, menjadi sarana transportasi bagi Kerajaan Padjadjaran yang beribu kota di Pakuan (Bogor) untuk menuju pelabuhan di pantai utara seperti Banten, Tangerang, dan Sunda Kelapa.

Baca Juga: Dulu Orang Belanda Minum Air Ciliwung

Zaman berubah namun “budaya” buang sampah tak ikut berubah. Hanya jenis sampah yang berubah. Volume terus bertambah.

Sumber dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada 2017 menyebutkan, setiap hari sekitar 7.000 ton sampah dibuang di Sungai Ciliwung. Dari hulu sampai hilir sungai. Paling parah di wilayah Bogor dan Depok.

Dri sejumlah itu, hanya 75 persen yang bisa “diambil”. Sekitar 25 persen terbawa aliran sungai.  Lalu 8 persen lagi atau sekitar 180 ton mengendap dan mencemari Kali Ciliwung.

Melihat kondisi seperti itu, orang-orang pun mulai peduli dengan Sungai Ciliwung. Lahirlah komunitas-komunitas peduli Ciliwung di sepanjang aliran sungai itu. Salah satunya River Ranger yang berada di kawasan Astawana, Condet, Jakarta Timur.

Baca Juga: Dicemooh Orang Karena Besarkan Anaknya dengan Kumpulkan Sampah, Sekarang Ibu Ini Tersenyum Lega Setelah Anak-anaknya Berhasil Mencapai Hal Ini

 

Anak menonton judi