Find Us On Social Media :

Disorot Dunia Sebagai Kota Paling Potensial Tenggelam, Beginilah Skenario Gila Untuk Menyelamatkan Jakarta yang Butuh Biaya Hingga Rp555 Triliun

By Afif Khoirul M, Kamis, 2 Januari 2020 | 13:53 WIB

Skenario gila untuk selamatkan Jakarta dari banjir.

Intisari-online.com - Tepat pada 1 Januari 2020, hujan lebat melanda beberapa kawasan di Pulau Jawa, daerah terdampak dari hujan tersebut adalah Jakarta.

Kota ini memang rawan mengalami banjir sejak banjir terparah terjadi tahun 2007 silam.

Sementara banjir terus melanda, Jakarta disebut sebagai kota pertama yang mungkin akan tenggelam laiknya Venesia yang memiliki laju 2mm per tahun.

Daerah-daerah di Jakarta utara, termasuk tembok laut yang dirancang untuk melindunginya, diperkirakan tenggelam sekitar 25cm setahun.

Baca Juga: 5 Banjir Bandang Paling Mematikan dalam Sejarah yang Renggut Nyawa Jutaan Orang dan Sebarkan Penyakit Menular, Ada yang Berlangsung 6 Bulan

Sebuah situs berbasis di Inggris The Guardian, menyebut Jakarta tenggelam karena amblesan.

Mereka juga memberikan gambaran bagaimana skenario amblesnya Jakarta dan upaya penyelamatan yang membutuhkan biaya hingga Rp555 triliun.

Masalah amblesan ini diperburuk oleh ledakan blok apartemen baru, pusat perbelanjaan dan bahkan kantor pemerintah, yang meskipun ada pembatasan resmi pada ekstraksi air tanah.

Tidak hanya mengambil air dari tanah berpori ini tetapi juga menambah beratnya dan memadatkannya.

Baca Juga: Pantas Rakyat Jepang Sampai Geram, Turis Indonesia Ini Bikin Malu Seluruh Rakyat Indonesia Setelah Buat Kereta Peluru Shinkansen di Jepang Terlambat Berangkat Lebih Dari 10 Menit