Find Us On Social Media :

Jadi Buah Simalakama, Jutaan Kerang Hijau Terdampar di Pantai Karawang, Catat Ini Batas Jumlah Kerang Hijau yang Boleh Dikonsumsi Agar Tak Picu Kanker

By May N, Sabtu, 21 Desember 2019 | 15:00 WIB

 

Intisari-online.com - Awal Desember 2019 ini tercatat jutaan kerang hijau muncul di Muara Sungai Buntu, Desa Sungai Buntu, Kecamatan Pedes, Kabupaten Karawang.

Ini bukanlah pertama kali wilayah Karawang 'didatangi' oleh kerang hijau, tetapi dilansir dari Kompas Regional, tahun ini jumlahnya lebih banyak dibanding tahun sebelumnya.

Seorang petani kerang hijau, Tatang Supriatna (17) mengatakan dia kerap mencari kerang hijau di muara Sungai Buntu untuk dimasak.

Kerang hijau juga sering ia jual dengan harga Rp 10.000.

Baca Juga: Takjub, Kekayaannya Capai Rp 268 Triliun, Salah Satu Orang Terkaya di Indonesia Michael Bambang Hartono Makan di Warung, Simak Fakta-faktanya Berikut Ini

Rupanya, kemunculan kerang hijau itu sudah ada di mana-mana.

Koalisi Masyarakat Sipil Karawang (KMSK) mencatat kerang hijau juga muncul di Pantai Sarakan dan di lambung kapal di Pakisjaya.

Koordinator KMSK, Yuda Febrian Silitonga menyatakan jika kerang hijau akan muncul dengan masif jika terjadi pencemaran terutama pencemaran minyak pada suatu wilayah perairan.

Fungsinya dalam ekosistem adalah menstabilkan kualitas air dengan cara menyaring makanan yang terlarut di perairan.

Baca Juga: Duh, Tradisi Suku Ini Membiarkan Anak Gadisnya Berhubungan Intim dengan Banyak Pria untuk Temukan Cinta Sejati, Bahkan Hingga Kini!