Find Us On Social Media :

Bidang Pendidikan Punya Anggaran Rp500 Triliun, Tapi Kok Nadiem Mengaku Hanya Punya Anggaran Rp75 Triliun? Lalu Sisanya Dikelola Siapa?

By Maymunah Nasution, Minggu, 15 Desember 2019 | 14:30 WIB

Mendikbud Nadiem Makarim

Intisari-online.com - Dilansir dari Kompas.com, anggaran pendidikan yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada 2020 mencapai angka Rp 75,531 triliun.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, kontradiktif dengan pernyataan Jokowi mengenai RAPBN 2020 untuk anggaran pendidikan sebesar Rp 505,8 triliun pada tahun 2020.

Jokowi menyampaikan hal tersebut saat pidato tentang RAPBN dan Nota Keuangan 2020 di Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Jumat (16/8/2019) dilansir dari Kompas.com.

Jika begitu, mengapa Pak Menteri Pendidikan mengaku jika hanya memiliki anggaran dengan angka Rp 75 triliun?

Baca Juga: UN yang Dianggap Turunkan Kemampuan Siswa Akan Dihapus, Ternyata Dana Ratusan Miliarnya Akan Dialokasikan Untuk Ini

Melansir dari Kompas.com, Nadiem menjelaskan jika terdapat dua jenis bantuan sosial pendidikan yang harus dibagikan, yaitu Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah serta KIP Kuliah untuk jenjang pendidikan tinggi.

Keduanya harus diberikan untuk memberikan akses menuju layanan pendidikan bagi anak-anak yang berasal dari kalangan ekonomi lemah.

Selain masih perlu juga menunggu terbitnya Peraturan Presiden mengenai struktur organisasi Kemendikbud yang baru, bagi Nadiem juga perlu menekankan urgensi penyediaan sarana dan prasarana pendidikan yang layak di seluruh Indonesia.

Oleh sebab itu, Nadiem menyatakan pada tahun 2020 akan dilakukan sensus untuk mengecek keamanan struktur dari sekolah-sekolah di Indonesia.

Baca Juga: 'Tak Manusiawi', Demi Hal Ini untuk Tahun Depan, Para Petugas PPSU Disuruh Masuk ke Dalam Got Berwarna Hitam Kelam