Find Us On Social Media :

Rantai Makanan Kuno: Saat Kumbang Purba Berada di Dalam Kadal Purba dan Kadal di Dalam Ular Purba

By Muflika Nur Fuaddah, Senin, 18 November 2019 | 12:00 WIB

Fosil kuno yang tunjukkan rantai makanan

Intisari-Online.com - Tidak setiap hari arkeolog menemukan fosil di mana kita bisa melihat bukti makanan terakhir hewan itu sebelum mati.

Fosil semacam itu jarang ditemukan, tetapi di antara banyak spesimen yang diawetkan dengan baik yang ditemukan di Messel Pit, bekas tambang serpih minyak di dekat Frankfurt, Jerman, adalah sejumlah contoh yang memberi para ilmuwan wawasan unik tentang kehidupan dan pola makan para ilmuwan tentang mekhluk-makhluk kuno ini.

Penggalian sebelumnya telah mengungkap fosil isi perut kuda prasejarah, yang makanan terakhirnya adalah anggur dan daun.

Baca Juga: Inilah Raja Judi Asal Indonesia, Menang Rp28 Miliiar dari Amerika, Uangnya Bukan untuk Senang-senang tapi Dibawa Pulang Kampung untuk Pengobatan Gratis!

Selain itu, biji-bijian serbuk sari diidentifikasi menjadi makanan terakhir seekor fosil burung.

Sisa-sisa serangga juga telah terdeteksi dalam sampel kotoran ikan.

Namun pada bulan September 2016, para peneliti mengumumkan penemuan luar biasa: Fosil ular, 48 juta tahun, diawetkan tanpa cela bersama dengan makanan terakhirnya – dan makanan terakhir dari makanan terakhirnya.

Baca Juga: Jangan Lagi Motret Makanan dan Mengunggahnya ke Instagram, Mengapa? Koki Terbaik di Dunia Ini Beri Penjelasannya