Find Us On Social Media :

Jokowi Heran Cangkul Masih Impor, Selain Pacul, Ini 10 Besar Barang Luar Negeri yang Masuk Indonesia

By Nieko Octavi Septiana, Kamis, 7 November 2019 | 13:30 WIB

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Intisari-Online.com - Saat membuka Rapat Koordinasi Nasional Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Tahun 2019, Presiden Joko Widodo menyayangkan Indonesia yang masih mengimpor cangkul.

Dalam acara yang digelar pada Rabu (6/11/2019) tersebut, Jokowi merasa heran dengan masih didatangkannya produk cangkul dari luar negeri.

Melansir Kompas.com, Jokowi meminta Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) untuk memprioritaskan barang produksi dalam negeri ketimbang impor.

"Misalnya urusan pacul, cangkul, masa masih impor?" kata Jokowi saat membuka Rapat Koordinasi Nasional Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Tahun 2019, Rabu (6/11/2019).

Baca Juga: 'Melewati Bintang dan Benda Galaksi Lainnya', Gadis 6 Tahun Ini Dapat Balasan 'Surat dari Surga' Setelah Kirim Kartu Ulang Tahun untuk Ayahnya

Sebab, kendati barang impor lebih murah, dari sisi penyediaan lapangan kerja, impor merugikan.

Impor akan melambatkan pertumbuhan lapangan kerja.

Jokowi pun meminta Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) untuk memprioritaskan barang produksi dalam negeri daripada barang impor.

Lantas, seberapa besar nilai impor di Indonesia dana apa saja komoditas yang diimpor?

Baca Juga: Berkeringat dan Merasa Sakit, Ibu Ini Kira Itu Hanyalah Tanda Menopause, Tapi Ternyata Dia Alami Kondisi Mematikan Ini