Find Us On Social Media :

Respons Putusan MA, Menkes Terawan Akan Buat Program yang Agar Dokter Spesialis Terjun ke Daerah

By Nieko Octavi Septiana, Rabu, 6 November 2019 | 08:30 WIB

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto

Intisari-Online.com - Beberapa waktu setelah dilantik sebagai Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto mengatakan akan membuat sebuah program.

Melansir Kompas.com, Terawan akan membuat sebuah program yang membuat dokter spesialis terjun ke pedalaman.

Meski begitu, program yang dibuatnya itu sifatnya tidak memaksa,

Diketahui selama ini dokter spesialis enggan ditempatkan di daerah pedalaman karena minimnya sarana dan prasarana yang dimiliki rumah sakit daerah.

Baca Juga: Baru Melahirkan, Wanita Ini Melompat dari Gedung Tinggi Sambil Gendong Bayinya, Kenali Gejala Depresi Pascamelahirkan

Terawan merespons putusan Mahkamah Agung (MA) yang membatalkan Peraturan Presiden Nomor 4 Tahun 2017 tentang Wajib Kerja Dokter Spesialis hingga ke pedalaman.

Terawan mengatakan, meskipun Perpres itu dibatalkan MA, Kemenkes akan berupaya agar dokter spesialis bisa melayani warga pedalaman.

"Keputusan MA kan masalah 'wajib' dianggap kerja paksa, sehingga dicabut."

"Tetapi kan rohnya itu kan kita ikut melayani, ya harus dibuat sebuah program lain yang isinya tidak memaksa namun bisa mendorong dokter-dokter spesialis di daerah," kata Terawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (5/11/2019).

Mantan Direktur Utama RSPAD Gatot Subroto itu mengatakan, program tersebut akan masuk dalam kategori pendayagunaan dokter spesialis oleh Kemenkes.

Baca Juga: Bau Busuk Menyengat Tercium dari Danau di Medan, Warga Terkejut Temukan Puluhan Bangkai 'Makhluk Besar' Ini Mengambang