Find Us On Social Media :

Viral Layangan Putus, Audrey, Hingga Fresh Graduate yang Tolak Gaji Rp8 Juta, Mengapa Orang Bisa Percaya Cerita yang Belum Tentu Benar?

By Mentari DP, Selasa, 5 November 2019 | 11:30 WIB

Viral cerita #LayanganPutus di Twitter.

Intisari-Online.com – Jika Anda memiliki akun media sosial Twitter, pasti Anda tahu bahwa tagar LayanganPutus menjadi trending topic selama beberapa hari ini.

Sebenarnya cerita apa itu?

Dilansir dari kompas.com pada Selasa (5/11/2019), cerita tersebut mengisahkan tentang kondisi pasangan suami istri yang terpaksa berpisah karena adanya orang ketiga.

Kisah Layangan Putus tersebut menuai simpati dari warganet.

Segera setelah mendapatkan atensi, netizen ramai-ramai membagikan cerita tersebut.

Baca Juga: Kisah Buruh Bengkel Asal Sukabumi yang Rakit Helikopter Sendiri: Ini Fakta-fakta Helikopter, Bisa Terbang Mundur dan Melayang Tanpa Bergerak

Bahkan viralnya kisah ini membuat banyak orang memercayai kisahnya hingga mencari tahu sosok laki-laki dan perempuan yang dituduh menjadi orang ketiga dalam hubungan tersebut.

Kejadian ini kemudian menimbulkan pertanyaan, mengapa banyak warganet yang terbawa emosi dengan kisah tersebut.

Padahal seperti diketahui, cerita itu belum diketahui kebenarannya.

Menurut penelitian, banyak orang memiliki setidaknya pernah memercayai beberapa hal yang salah.

Contoh kisah Audrey yang sebelumnya dianggap sebagai korban bullying namun diakhir disebut juga bersalah.

Atau screen shot dari Insta Story yang bertuliskan seorang fresh graduate dari salah satu Universitas Negeri di Indonesia yang menolak gaji Rp8 juta.

Lantas mengapa orang mudah memercayai hal tersebut?

Melansir laman Psychology Today, salah satu penyebabnya adalah manusia secara rutin menggunakan jalan pintas mental untuk bisa memahami hal-hal yang terjadi di sekitar mereka.

Ini terjadi karena, manusia tidak memiliki waktu untuk menganalisis kebenaran kabar yang diterima dengan cermat.

Dengan demikian, manusia cenderung menggunakan aturan praktis yang cepat dan tidak disadari untuk menentukan apa yang harus dipercaya.

Baca Juga: BERITA POPULAR: Kisah Wanita Lulusan S2 yang Nikahi Supir Truk Hingga Wanita yang Buta Setelah Tato Bola Matanya Jadi Biru