Find Us On Social Media :

Kedubes Israel di Seluruh Dunia Ditutup, Setiap Warga Israel yang Bepergian ke Luar Negeri Kini 'Terancam Bahaya,' Apa Pemantik dari Aksi Ini?

By Nieko Octavi Septiana, Jumat, 1 November 2019 | 09:15 WIB

(Ilustrasi) Kedutaan besar Israel di seluruh dunia tutup

Intisari-Online.com - Semua kedutaan dan konsulat Israel di seluruh dunia tutup Rabu (30/10/2019).

Melansir The Times of Israel, Rabu (30/10/2019), penutupan mulai berlaku pada jam 1 pagi pada hari Rabu pagi waktu Israel.

Penutupan itu kemungkinan akan membahayakan warga Israel yang bepergian ke luar negeri dan membutuhkan bantuan konsuler untuk masalah-masalah seperti kehilangan paspor atau keadaan darurat medis.

Penyebabnya adalah diplomat dan atase militer melakukan pemogokan kerja terkait perselisihan yang lama dengan Kementerian Keuangan mengenai biaya yang dibayarkan kepada para utusan.

Baca Juga: Pantas Gaji Sebagai Menhan Dianggap 'Seuprit' Hingga Tak Diambil, Prabowo Punya Kekayaan yang Sangat Luar Biasa Besarnya, Jadi Menteri Terkaya Kedua di Kabinet Indonesia Maju

Hal ini merupakan buntut dari keputusan Kementerian Keuangan yang mewajibkan mereka mengembalikan seluruh uang yang didapat dari hasil pengembalian (reimbursment) terkait kegiatan operasional.

Aksi mogok dikoordinir oleh Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pertahanan dan Federasi Buruh Histadrut.

"Karena keputusan Kementerian Keuangan Israel untuk melanggar pemahaman yang disepakati dan ditandatangani oleh Direktur Jenderal Kementerian Keuangan pada 21 Juli 2019, dan menerapkan prosedur sepihak yang mengubah protokol yang telah di tempat selama beberapa dekade, kami terpaksa menutup Kedutaan,” kata pernyataan yang diposting di berbagai situs web misi.

"Tidak ada layanan konsuler yang akan diberikan dan tidak ada yang akan diizinkan masuk ke Kedutaan / Konsulat," kata pernyataan itu.

Baca Juga: Panik Digigit 'Ular Lima Langkah' di Gunung, Petani Ini Potong Jarinya Sendiri dan Tempuh Jarak 80 km ke Rumah Sakit, Begitu Sampai Justru Ini yang Dikatakan Dokter