Find Us On Social Media :

Panik Digigit 'Ular Lima Langkah' di Gunung, Petani Ini Potong Jarinya Sendiri dan Tempuh Jarak 80 km ke Rumah Sakit, Begitu Sampai Justru Ini yang Dikatakan Dokter

By Nieko Octavi Septiana, Kamis, 31 Oktober 2019 | 13:30 WIB

(Ilustrasi) Panik digigit ular, seorang pria nekat potong jarinya sendiri

Intisari-Online.com - Dalam keadaan panik, manusia bisa melakukan segala cara yang terpikirkan untuk menyelamatkan dirinya.

Sama seperti yang dilakukan oleh seorang petani di Cina yang merasa panik setelah digigit seekor ular berbisa.

Melansir Science Alert, Kamis (31/10/2019), petani itu mengambil satu-satunya cara yang terpikir tersedia baginya: memotong jarinya sebelum pergi ke kota terdekat yang memiliki rumah sakit.

Seperti dilaporkan oleh South China Morning Post, ular itu adalah pit viper, di Indonesia disebut ular beludak atau mura.

Baca Juga: (Video) AS Rilis Detik-detik Penyerbuan Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi

Sementara secara lokal di distrik Shangyu di provinsi Zhejiang,ular itu dikenal sebagai "ular lima langkah."

Mitos lokal mengatakan bahwa, begitu ular menggigit, Anda bisa berjalan hanya lima langkah sebelum pingsan karena efek racunnya.

Jadi, untuk mencegah racun menyebar, pria berusia 60 tahun itu bertindak cepat, mengamputasi tempat gigitan ular.

Dia kemudian membungkus lukanya dengan kain dan melakukan perjalanan sejauh 80 kilometer ke rumah sakit di Hangzhou untuk menerima perawatan.

Tetapi, menurut dokter yang merawat pasien begitu dia tiba, dia tidak perlu repot memotong jarinya.

Dokter di Rumah Sakit Pengobatan Tradisional Cina Hangzhou melaporkan kepada media bahwa pasien, yang diidentifikasi hanya sebagai Zhang, tampak baik-baik saja.

Zhang tidak menunjukkan gejala seperti masalah pernapasan, sakit kepala, atau pendarahan pada gusi yang diperkirakan berasal dari gigitan ular yang buruk.

Baca Juga: BERITA POPULAR: Nasib Cantrang yang Dilarang Susi Pudjiastuti Tapi Dikaji Ulang Edhy Prabowo Hingga Naluri Ibu Ketika Bayinya Tertukar