Find Us On Social Media :

Polisi Tembakan Gas Air Mata ke Mahasiswa yang Demo di Depan Gedung DPR RI: Ini yang Terjadi pada Tubuh Jika Kita Terkena Gas Air Mata

By Mentari DP, Rabu, 25 September 2019 | 08:30 WIB

Polisi tembakan Gas Air Mata ke mahasiswa yang demo di depan Gedung DPR RI.

Intisari-Online.com – Kemarin, Selasa (24/9/2019), mahasiswa dari berbagai universitas di Jakarta dan sekitarnya berunjuk rasa di depan Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta.

Tujuan dari puluhan ribu mahasiswa ini melakukan aksi unjuk rasa serentak adalah untuk menolak menolak revisi UU KPK, RKUHP, RUU Pertanahan dan beberapa RUU kontroversial lainnya.

Selain di depan Gedung DPR RI, aksi unjuk rasa mahasiswa juga terjadi di depan Gedung DPR provinsi beberada daerah.

Lalu sekitar pukul 16.35 WIB Ketua DPR RI Bambang Soesatyo berusaha menemui mahasiswa yang berunjuk rasa di depan Gedung DPR RI.

Baca Juga: Kasus Wanita Hamil Tewas Dalam Kondisi Melahirkan Sendiri: Bolehkan Wanita Melahirkan Sendiri Tanpa Bantuan Ahli?

Bambang tidak langsung keluar menemui mahasiswa. Dia sempat berkomunikasi dengan aparat kepolisian untuk memastikan kondisi demonstrasi.

Namun, ketika Bambang serta rombongan mendekati pagar DPR, polisi menembakkan gas air mata ke arah luar sehingga menyebabkan kepanikan.

Asap dari gas air mata membuat rombongan Bambang, termasuk wartawan, berlari kembali ke dalam gedung parlemen, tepatnya di ruang Nusantara V.

Sementara di luar sana beberapa personel kepolisian dan para mahasiswa mengalami batuk-batuk dan mata pedih akibat gas air mata.

Umumnya, gas air mata dianggap sebagai cara yang paling efektif dilakukan pihak kepolisian untuk membubarkan aksi massa.

Pasalnya, gas air mata menyebabkan mata terasa perih, susah bernapas, dan batuk kering.

Namun, adakah risiko selain efek di atas jika seseorang terpapar gas air mata?

Dilansir dari beberapa sumber, gas air mata sendiri ada beberapa jenis. Namun yang paling sering dipakai adalah gas CS karena dianggap paling aman.

 

Baca Juga: Kasus 2 Bocah yang Saksikan Temannya Tewas Dibunuh: Ini Dampak Psikologis Bagi Seseorang yang Lihat Aksi Pembunuhan