Find Us On Social Media :

Mereka Kebanyakan Sudah Bekerja di Kanada 10 Tahun, Cerita BJ Habibie Kembangkan PT DI dan Hasilkan Banyak Insinyur Spesialis

By Muflika Nur Fuaddah, Minggu, 15 September 2019 | 14:00 WIB

Potret BJ Habibie muda

Intisari-Online.com - Bacharuddin Jusuf Habibie, Presiden ketiga RI,  meninggal dunia di Paviliun Kartika, RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Rabu (11/9/2019), akibat penyakit yang dideritanya.

Pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936, itu meninggal setelah menjalani perawatan intensif di rumah sakit sejak 1 September 2019.

Semasa hidupnya, Habibie diketahui beberapa kali menjabat sebagai Menteri Negara Riset dan Teknologi Kabinet Pembangunan dalam masa pemerintahan Presiden Soeharto.

Selain menjadi pejabat negara, dia juga berhasil memperoleh berbagai penghargaan internasional karena pengakuan terhadap keahliannya yang mumpuni di bidang teknologi kedirgantaraan.

Baca Juga: Cerita Mahasiswa Indonesia Tak Sengaja Pernah Bertemu BJ Habibie Saat Beli Mi Instan di Jerman, Mengaku Ucapan Eyang Membuatnya Langsung Tak Bisa Berkata-kata

Ilmuwan dirgantara

Salah satu kiprahnya di Indonesia yaitu mengembangkan industri dirgantara lewat Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN).

Kini IPTN dikenal dengan nama PT Dirgantara Indonesia (PT DI).

Melalui perusahaan itu pula, Habibie mampu menghasilkan banyak insinyur dalam industri penerbangan.

Baca Juga: Hidupnya Hanya Tinggal 12 Jam, Pria Ini Akhirnya Nekat untuk Memilih Hidup Tanpa Jantung, Ini Alat yang Digunakannya