Find Us On Social Media :

Digadang-gadang Sebagai Pasukan Khusus Terbaik di Dunia, Navy SEAL Ternyata Pernah Babak Belur Oleh Viet Cong

By Ade S, Jumat, 23 Agustus 2019 | 16:15 WIB

Sejumlah personel Navy Seal di Perang Vietnam

Intisari-Online.com - Ketika pada tahun 1960-an pemerintah AS mengirimkan pasukannya ke Vietnam hingga sebanyak 500.000 personel, 60 orang di antaranya adalah anggota Navy SEAL.

Kehadiran 60 personel Navy SEAL terkesan tak begitu berarti jika dibandingkan ratusan ribu pasukan AS lainnya.

Tapi tim kecil yang sanggup bertempur di segala medan itu ternyata mampu menunjukkan kemampuan tempur tingkat tinggi.

Di medan tempur Vietnam, opersasi Navy SEAL berada di bawah komando US Navy dan terbagi menjadi dua unit SEAL Team One dan SEAL Team Two.

Baca Juga: 5 Pisau Legendaris Andalan Pasukan Elite Dunia, Dari Navy SEALS Hingga Spetsnaz

Misi utama SEAL di Vietnam adalah melancarkan serangan sabotase terhadap infrastruktur Viet Cong (VC) yang berada di kawasan Sungai Bassac, Delta Mekong, Ruang Sat Zone, kota pelabuhan Saigon, dan lainnya.

Misi tempur awal SEAL di Vietnam langsung menunjukkan hasil yang signifikan seperti berhasil menghancurkan depot-depot air minum Viet Cong di Delta Mekong, menyita sejumlah dokumen penting Viet Cong di Rung Sat Zone dan sekaligus menghancurkan markas VC.

Pada April 1967, SEAL dan sejumlah pasukan Vietnam Selatan melancarkan sergapan terhadap gerilya VC di sepanjang sungai Vam Sat.

Setelah terjadi pertempuran sengit, kali ini SEAL harus mengakui kehebatan lawannya. Tiga personel gugur dan 12 orang lainnya terluka.

Baca Juga: Denjaka alias Datasemen Jalamangkara, Pasukan Khusus TNI AL yang Misterius dan Sering Bikin Gentar Navy Seal AS