Find Us On Social Media :

Upacara Kemerdekaan: Mengingat Aksi Heroik Johannes Adekalla, Bocah yang Selamatkan Upacara Pengibaran Bendera Setelah Nekat Panjat Tiang Bendera

By Ade S, Sabtu, 17 Agustus 2019 | 10:45 WIB

Johannes Adekalla 'Joni', siswa SMP panjat bendera

Intisari-Online.com - Hari ini, Sabtu (17/8/2019), rakyat Indonesia merayakan kemerdekaannya yang ke-74.

Salah satu bagian penting dari perayaan tersebut adalah upacara pengibaran bendera, dengan Istana Negara sebagai pusatnya.

Nah, tahun lalu, ada sebuah peristiwa menarik sekaligus mengharukan saat seorang bocah bernama Johannes Adekalla menyelamatkan sebuah upacara bendera di perbatasan Indonesia - Timor Leste dengan menaikin tiang bendara yang sangat tinggi.

Berikut ini kisahnya yang videonya dibagikan oleh mendiang Sutopo Purwo Nugroho.

Baca Juga: (FOTO) Tanpa Satupun Awak dan Muatan, 'Kapal Hantu' Berbendera Indonesia Ini 'Gentayangan' di Laut Myanmar

Ada kejadian mengharukan dari rangkaian upacara bendera pagi ini, Jumat (17/8/2018) di Motaain, wilayah perbatasan Indonesia dengan Timor Leste.

Pagi itu, semua orang telah berkumpul di tanah lapang dan bersiap mengikuti upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73.

Saat bendera merah putih telah siap untuk dikibarkan, tali yang terikat pada tiang malah lepas dan tidak bisa digunakan.

Hanya ada satu cara agar upacara tetap bisa dilanjutkan, yaitu dengan mengaitkan kembali tali di ujung tiang dengan cara memanjat tiang tersebut.

Baca Juga: Sekilas Terlihat Bohong, Faktanya 22 Hal Ini Nyata Adanya, Termasuk Keterkaitan Antara Bendera Indonesia, Norwegia, dan Prancis