Find Us On Social Media :

Penampakan 9 Sapi Kurban Milik Presiden Jokowi, Tidur di Karpet Hitam Seharga Rp2 Juta Hingga Seberat 1,2 ton

By Mentari DP, Sabtu, 10 Agustus 2019 | 19:00 WIB

Seperti ini penampakan 9 sapi kurban milik Presiden Jokowi.

Intisari-Online.com – Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan membeli beberapa sapi kurban.

Lalu menyumbangkannya ke beberapa wilayah di Indonesia.

Terkadang juga, beberapa sapi yang dibeli Presiden Jokowi menjadi viral. Karena harganya atau bentuk tubuhnya yang besar dan kokoh.

Nah, di Hari Raya Idul Adha 1440 H yang akan jatuh pada besok Minggu tanggal 11 Agustus 2019, Presiden Jokowi telah membeli beberapa sapi berkualitas tinggi langsung dari peternak sapi nasional.

Baca Juga: Kisah Robinson Sinurat, Anak Petani yang Berhasil Lulus S2 di Columbia Univesity dan Bertemu Barack Obama

Beberapa sapi bahkan mendapatkan perlakuan khusus, seperti disediakan karpet hitam seharga Rp2 juta sebagai alas tidur atau diberi obat cacing agar kondisinya sehat saat disembelih.

Berikut 9 penampakan sapi kurban yang disumbangkan Jokowi yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia.  

1. Sapi kurban Presiden Jokowi di Gunung Kidul

Presiden Jokowi mengirim sapi kurban untuk Masjid Nur Ma’unah, Watugilang B, Mulusan, Paliyan, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Saat datang, sapi bantuan seberat 1 ton tersebut sempat tidak mau makan, diduga karena stres setelah menempuh perjalanan jauh.

"Makannya belum begitu banyak, mungkin karena kecapekan baru datang jam 10.00 WIB tadi.”

“Saya coba tadi kasih makan jagung. Mungkin karena kelelahan dan adaptasi lingkungan juga," kata warga yang merawat sapi, Budi Raharjo, saat ditemui di rumahnya, Jumat (9/8/2019).

Sebagai peternak sapi, Budi mengaku hanya butuh waktu beberapa jam agar sapi jenis simental itu mau makan.

"Mungkin sore nanti baru mau makan. Makan hijauan, untuk minuman nanti kami sesuaikan dengan memberikan ampas tahu," kata dia.

Dia memperkirakan harga sapi bantuan dari Presiden Jokowi tersebut mencapai Rp100 juta dengan bobot diperkirakan 1,1 sampai 1,2 ton.

2. Sapi dari Presiden Jokowi di Surabaya berasal dari Gresik

Presiden Jokowi berkurban seeokor sapi untuk disembelih di Masjid Agung Al-Akbar Surabaya pada Idul Adha.

Informasi yang dihimpun dari Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur menyebutkan, berat sapi Jokowi yang akan disembelih di Surabaya 1 ton.

"Jenis sapinya peranakan ongole atau sapi jawa yang dibeli dari peternak asal Desa Pangkah Kulon, Kecamatan Ujung Pangkah, Kabupaten Gresik," kata Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur Wemmi Niamawati, Jumat (9/8/2019).

Tinggi badan sapi berumur 4 tahun tersebut 160 sentimeter dengan panjang badan 176 sentimeter, dan lingkar dada 226 sentimeter.

Baca Juga: Kisah Haru Siswa SMA yang Rela Jualan Tisu di Jembatan Penyeberangan, Hidup Sebatang Kara dan Ingin Lanjutkan Sekolah