Find Us On Social Media :

74 Tahun Serangan Bom Atom Nagasaki: Charles W Sweeney, Pilot yang Nyaris Gagal Jatuhkan Bom Atom di Nagasaki Karena Kehabisan Bahan Bakar

By Tatik Ariyani, Jumat, 9 Agustus 2019 | 09:30 WIB

Charles W Sweeney

Intisari-Online.com - Hari ini, Jumat (9/8/2018) adalah 74 tahun pasca jatuhnya bom atom di kota Nagasaki, Jepang yang meluluhlantakkan segala sesuatu yang ada di sana.

Sebelum bom atom tersebut dijatuhkan di kota Nagasaki, ternyata pilot yang bertugas menjatuhkan bom tersebut nyaris gagal salah satunya disebabkan kehabisan bahan bakar.

Ialah Brigjen Charles W Sweeney yang merupakan manusia istimewa di AS.

Sweeney lahir di Lowell, Massachussets pada tahun 1919. Ia lulus dari North Quincy High School pada 1937.

Setelah lulus dari SMA, ia mengikuti kelas malam di Universitas Boston dan Universitas Purdue.

Charles Sweeney kemudian bergabung dengan Army Air Corps sebagai kadet penerbang pada 28 April 1941.

Baca Juga: 74 Tahun Tragedi Serangan Bom Atom di Hiroshima, Mengapa AS Melakukannya?

Menerima tugas sebagai pilot pada Desember 1941, Letnan Sweeney menghabiskan dua tahun penugasannya di Pangkalan Udara (Lanud) Jefferson Proving Grounds Ind.

Dari sini pada 1943 Sweeney yang sudah menjadi kapten pindah ke Lanud Eglin, Florida. Dia bertugas sebagai perwira operasi dan pilot uji.

Tahun 1944, ia naik pangkat menjadi mayor di AD AS. Saat itu ia bertugas sebagai instruktur pilot B-29 di Grand Island, Nebraska.

Kemudian di tahun yang sama, Sweeney ditugaskan di Wendover Field, Utah dan di sinilah ia mulai bekerja di proyek “Silverplate”, kode program pelatihan pilot dan awak untuk misi atom PD II mendatang.

Baca Juga: Jangan Asal Ikuti Tren, Ini Trik Buat Para Pria Memililh Baju Sesuai Bentuk Tubuh