Find Us On Social Media :

Puncak Gunung Arjuno Terbakar Sejak 28 Juli, BPBD Sebut Satu Faktor yang Jadi Kendala Pemadaman Meski Sudah Kerahkan Helikopter

By Nieko Octavi Septiana, Senin, 5 Agustus 2019 | 10:00 WIB

Petugas berusaha memadamkan api di Gunung Arjuno

Intisari-Online.Com - Puncak Gunung Arjuno di Jawa Timur masih dilanda kebakaran hutan.

Meski upaya keras telah dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur, api di beberapa titik masih belum bisa dipadamkan.

Upaya pemadaman api tersebut dikarenakan kendala cuaca berupa kabut tebal dan angin kencang.

"Kondisi cuaca menyebabkan helikopter sempat tidak dapat melakukan pemadaman di wilayah Gunung Welirang karena titik api tertutup kabut tebal," ujar Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jatim Suban Wahyudiono yang memimpin operasi pemadaman seperti dalam rilis Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Senin (5/8/2019).

Baca Juga: Cerita Seorang Remaja Naik Sepeda dari Inggris ke Australia Seorang Diri dan Singgah di Gunung Batok

Ia menjelaskan, pada Minggu (4/8/2019), pihaknya melakukan operasi pertama penanganan kebakaran di wilayah pegunungan Welirang, Kabupaten Mojokerto.

Lokasi tersebut berdekatan dengan puncak Gunung Arjuno. BPBD Jawa Timur pun mengidentifikasi dan memetakan setidaknya terdapat 6 titik api di wilayah tersebut.

Kemudian, pembasahan juga dilakukan di 7 titik api di puncak Gunung Arjuno, wilayah Kota Batu. Api di wilayah tersebut sebelumnya telah dipadamkan.

"Penyiraman di Gunung Welirang dilakukan sebanyak tiga kali. Operasi pemadaman dihentikan pukul 15.00 WIB sesuai rekomendasi dari otoritas penerbangan," terang Suban.

Baca Juga: Thoriq Ditemukan Tewas Setelah 12 Hari Hilang di Gunung Piramid, Ini Pesan Penting untuk Para Pendaki