Find Us On Social Media :

Kondisi Medan Sulit, Satgas Tinombala Selamatkan Ibu yang Hendak Melahirkan Lewat Jalur Udara

By Tatik Ariyani, Minggu, 28 Juli 2019 | 15:30 WIB

Seorang perempuan bernama Heriani hendak melahirkan dievakuasi dengan helikopter

Intisari-Online.com - Prajurit Satgas Tindak dan Tim Penerbad TNI yang tergabung dalam Satgas Tinombala melakukan sebuah aksi heroik.

Para prajurit itu mengevakuasi seorang perempuan bernama Heriani yang hendak melahirkan bayinya dengan helikopter di wilayah Pegunungan Salubanga, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Sabtu (27/7/2019).

Dilansir dari akun instagram resmi Pusat Penerangan TNI @puspentni, penyelematan berawal saat tim menerima perintah untuk melakukan distribusi logistik bagi pasukan.

Saat itu, Satgas Tindak sedang memburu buron Mujahidin Indonesia Timur (MIT) kelompok Ali Kalora, di wilayah Pegunungan Biru dan Salubanga.

Baca Juga: Polisi Temukan Piring dan Wajan dengan Darah, Pria Ini Diduga Bunuh dan Makan Organ Dalam Mantan Pacarnya

Setelah distribusi logistik selesai, helikopter tim Penerbad yang rencananya akan kembali ke Poso, menerima perintah dari Wakil Kepala Operasi Satgas Tinombala, Kolonel Inf Dody Triwinarto.

Perintah itu mengevakuasi seorang ibu yang hendak melahirkan, setelah mendapat laporan dari Komandan Pos Air Teh, Lettu Inf Handarwoko di Dusun Tagara Atas, Salubanga.

"Saya mendapat laporan bahwa ada salah satu warga yang mau melahirkan di rumah, namun keadaannya kritis karena sebagian badan dari bayi masih tertinggal di dalam kandungan, jadi harus evakuasi secepatnya," kata Kolonel Inf Dody Triwinarto sebagaimana dikutip dari @puspentni, Minggu (28/7/2019).

Menurut Dody, evakuasi udara dilakukan lantaran kondisi medan tidak memungkinkan dan cukup sulit apabila menempuh jalur darat serta membutuhkan waktu lima jam untuk sampai di Puskesmas terdekat.

Baca Juga: Viral Penampakan Pocong Bermata Merah di Google Maps, Pemotret Akhirnya Beri Penjelasan