Find Us On Social Media :

Wah, Ada Tulang Kaki yang Terpotong, Ini Kengerian Pertempuran Waterloo

By Muflika Nur Fuaddah, Minggu, 21 Juli 2019 | 18:00 WIB

Kerangka korban Pertempuran Waterloo.

Intisari-Online.com - Para arkeolog telah mengungkap beberapa bukti mengerikan dari Pertempuran Waterloo: yakni beberapa tulang kaki bagian bawah yang terpotong.

Anggota badan mereka lainnya diyakini telah diamputasi oleh tim medis lapangan selama pertempuran berlangsung.

Pada 18 Juni 1815, sekutu Anglo yang dipimpin oleh Duke of Wellington dan tentara Prusia mengalahkan pasukan Prancis Napoleon Bonaparte.

Pertempuran yang terjadi di Waterloo (sekarang Belgia) tersebut, sangat berdarah–dengan kematian 7.000 pasukan Prusia, 15.000 sekutu, dan 25.000 Prancis.

Baca Juga: Kisah Jennifer Pan, 'Anak Emas' yang Habisi Nyawa Orangtuanya Secara Sadis Karena Muak Selalu Dituntut untuk Berprestasi

Yang mengejutkan, hanya satu kerangka tentara Waterloo yang ditemukan dalam keadaan lengkap. Kebanyakan korban meninggal dibuang di kuburan massal atau dibiarkan membusuk begitu saja bersama kuda.

Kini, para arkeolog dari proyek Waterloo Uncovered, menemukan ‘rumah sakit lapangan/darurat’ di lahan pertanian Mont-St-Jean.

Tidak pernah menemukan sisa-sisa manusia sebelumnya, para peneliti terkejut ketika mengungkap tiga tulang kaki di sana.

Salah satu kaki terlihat mengalami ‘luka katastropik’, sementara yang lainnya ada bekas bedah–tanda bahwa mereka telah diamputasi.

Baca Juga: Masjid Berusia 1.200 Tahun Ditemukan di Tengah Gurun Israel, Diklaim Sebagai Masjid Tertua Sejak Kedatangan Islam Setelah Penaklukan Arab