Find Us On Social Media :

Pimpin Negara yang Terlilit Utang Rp3.500 Triliun, Apa Kunci PM Malaysia Mahathir Mohamad Makin Aktif di Usia 93 Tahun?

By Tatik Ariyani, Sabtu, 15 Juni 2019 | 17:00 WIB

PM Malaysia Mahathir Mohamad

Intisari-Online.com - Usianya kini sudah 93 tahun, namun Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad masih memiliki satu pekerjaan besar yakni menyelesaikan masalah utang negara itu yang mencapai 1 triliun ringgit atau sekitar Rp3.500 triliun.

Mahathir menuding penyebab dari melimpahnya utang Malaysia adalah karena kesalahan pemerintahan terdahulu pimpinan Najib Razak.

Dikutip dari Kompas, Mahathir di hadapan staf kantor perdana menteri, Senin (21/5/2018) mengatakan, "Kami menemukan kondisi keuangan negara tidak dipelihara sehingga kita menghadapi masalah dengan utang mencapai 1 triliun ringgit."

"Kita belum pernah menghadapi masalah seperti itu sebelumnya. Dulu kita tak pernah memiliki utang lebih dari 300 miliar ringgit, tetapi kini mencapai 1 triliun ringgit," tambahnya.

Baca Juga: Berupaya Atasi Mega Korupsi di Malaysia, Mahathir Masuk dalam Daftar 50 Pemimpin Terhebat Dunia versi Fortune

Berbagai upaya termasuk menangguhkan proyek dengan China pun dilakukan agar utang Malaysia tidak semakin menumpuk, meski akhirnya dia melanjutkan proyek kereta cepat tersebut setelah melalui negosiasi yang panjang.

Tidak hanya itu, di usianya yang tak lagi muda tersebut, Mahathir juga bekerja dari jam 8.30 pagi hingga 6 sore setiap hari.

Durasi waktu kerja ini sedikit berubah dari yang sebelumnya yakni jam 8 pagi hingga jam 5 sore.

Ini agar dia memiliki lebih banyak waktu untuk membaca surat-surat yang diterimanya, seperti yang diwartakan Malay Mail.

Baca Juga: Huawei Di-'Blacklist' AS, Mahathir Justru Dukung Raksasa Asal China Itu: Kita akan Pakai Sebanyak-banyaknya